Pandemi COVID-19, Kapolda Metro Pastikan Tak Ada Perayaan Meriah saat HUT Bhayangkara Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana. (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana memastikan Hari Bhayangkara ke-74 tanggal 1 Juli mendatang tak diadakan perayaan meriah. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena tengah menghadapi ancaman pandemi COVID-19.

Nana mengatakan, Hari Bhayangkara kali ini dirayakan dengan suasana prihatin.

Baca Juga:

HUT Ke-74 Bhayangkara, INTI dan PTK Indonesia Serahkan 5.000 Sembako ke Polda Metro Jaya

"Tidak ada perayaan terkait dengan HUT Polri," jelas Nana di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (27/6).

Nana melanjutkan, perayaan Hari Bhayangkara bakal dilakukan secara virtual dipimpin Presiden Joko Widodo.

"Kita ikuti dari masing-masing kantor," terang Nana.

Nana berharap, perayaan Hari Bhayangkara ini jadi momentum Polri agar bisa selalu dipercaya masyarakat.

"Kami selalu berkomitmen agar bisa memberikan pelayanan, pengayoman bagi masyarakat. Kebetulan temanya 'Kamtibmas Positif Masyarakat Produktif'. Di sinilah jaminan keamanan sangat penting," terang Nana.

Seorang penerjun bersiap mendarat saat atraksi dalam rangka peringatan HUT ke-71 Bhayangkara di Lapangan Monas, Jakarta, Senin (10/7). Sebanyak 2.408 personel gabungan mengikuti parade pasukan dalam kegiatan tersebut. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean.
Seorang penerjun bersiap mendarat saat atraksi dalam rangka peringatan HUT ke-71 Bhayangkara di Lapangan Monas, Jakarta, Senin (10/7). Sebanyak 2.408 personel gabungan mengikuti parade pasukan dalam kegiatan tersebut. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean.

Ia menjelaskan, jika suatu daerah aman, maka masyarakat bakal nyaman dalam beraktifitas hingga menjadi produktif.

"Masyarakat pun sejahtera. Kami Polri dibantu TNI akan semakin menguatkan sinergitas dan soliditas menjamin keamanan di wilayah. Perintah Kapolri jelas, agar kami menjamin keamanan," terang Nana.

"Dengan begitu masyarakat menjadi produktif dan sejahtera," tutup Nana.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Awi Setiyono menjelaskan, untuk menyambut HUT Bhayangkara, sejak awal Juni 2020, Mabes bersama polda dan polres jajaran telah melaksanakan sejumlah bakti sosial, di antaranya donor darah, pembagian paket sembako kepada warga, serta membersihkan kampung dan tempat ibadah.

Selain itu, kata dia, menggelar rapid test dan layanan pembuatan SIM gratis bagi warga yang lahir pada tanggal 1 Juli.

Baca Juga:

Polda Metro Belum Terima Laporan Pembakaran Bendera PDIP

Dengan mengusung tema "Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Makin Produktif", peringatan HUT Bhayangkara pada tahun ini terdiri atas bakti sosial selama Juni, pemuliaan nilai-nilai Tribrata, serta ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan.

Di samping itu, lanjut dia, pengiriman buket bunga kepada purnawirawan Kapolri atau warakawuri Kapolri.

Ia menjelaskan bahwa puncak peringatan Hari Bhayangkara pada hari Rabu (1/7) pukul 08.30 WIB di Istana Negara dengan inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo.

"Upacara peringatan Hari Bhayangkara dilaksanakan secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi, live streaming di Bareskrim Polri, polda, dan polres jajaran. Selanjutnya, acara syukuran Hari Bhayangkara pada pukul 10.00," tutur Awi. (Knu)

Baca Juga:

Kapolda Metro Jawab Kabar Adanya Hercules Cs di Kelompok yang Diserang John Kei



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH