Pandemi COVID-19, Desain Produk Ditantang Kedepankan Aspek Kesehatan Ilustrasi Produk Indonesia. (Foto: Kemenperin).

MerahPutih.com - Pelaku industri kecil dan menengah (IKM) diminta mengoptimalkan desain kemasan dengan membuatnya lebih menarik, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi produknya. Saat ini, pandemi COVID-19 menyebabkan pergeseran gaya hidup dan mengharuskan masyarakat beradaptasi dengan kebiasaan baru yang memengaruhi tren desain secara global.

"Desain produk saat ini, selain mengusung aspek berkelanjutan yang memperhatikan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan, juga harus mengedepankan aspek kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Selasa (18/8).

Pandemi ini, menjadi tantangan besar bagi para desainer produk industri agar produk-produk yang tidak hanya berdaya guna tinggi, namun juga sedap dipandang dan mampu memenuhi standar protokol kesehatan.

Baca Juga:

Anak Buah Erick Thohir Datangi Balai Kota, Tagih Laporan Penanganan COVID-19 ke Anies

Kemenperin kembali menyelenggarakan penghargaan Indonesia Good Design Selection (IGDS) Tahun 2020. Penghargaan tingkat nasional ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah di bidang desain produk bagi para pelaku industri, perusahaan maupun praktisi desain.

Penyelenggaraan IGDS 2020 adalah gelaran ke-17 kali dari kegiatan tersebut. Sejak dimulai pada 2001, jumlah produk yang mengikuti IGDS terus meningkat. Pada 2016 misalnya, terdapat 99 produk. Kemudian, tahun 2017 meningkat menjadi 243 produk dan 2019 mencapai 333 produk.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih
Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih. (Foto: Kemenperin).

Gati meyakini penyelenggaraan tahun ini juga akan diikuti oleh peserta dengan jumlah yang lebih banyak. Untuk penyelenggaraan IGDS 2020, Ditjen IKMA mengusung tema "Produk Keren Indonesia", yang menggambarkan bahwa Indonesia tidak hanya mampu menghasilkan produk yang bermutu, berfungsi baik dengan durabilitas yang tinggi, namun juga keren, menarik, dan enak untuk dilihat.

IGDS tahun ini memiliki dua kategori penghargaan, yang tidak hanya memberikan apresiasi kepada Design Product untuk produk jadi, namun juga memberikan apresiasi Design Concept untuk konsep desain. Pendaftaran IGDS 2020 dibuka mulai tanggal 22 Juli hingga 30 September 2020 melalui website www.igds.kemenperin.go.id.

Baca Juga:

Eksplor Candi Prambanan di Era New Normal



Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH