Pandemi Corona, Ganjar Prioritaskan Rapid Test Untuk ODP Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kamis (26/3) (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan wilayah Jawa Tengah menjadi salah satu darah untuk dilakukan rapid test Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Rapid test Covid-19 akan diutamakan berstatus orang dalam pengawasan (ODP).

"Kami harus hati-hati betul soal rapid test yang mana terverifikasi oleh Kemenkes, diprioritaskan ke siapa. Kan kalau kita ke ODP dulu lebih utama," ujar Ganjar saat ditemui usai melayat ibunda Jokowi di Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/3).

Baca Juga:

Sri Sultan Perintahkan Banbinkamtibmas Mendata Para Pemudik

Ganjar mengungkapkan pengetesan Covid-19 yang dilakukan secara terus-menerus ini akan menjadi prioritas pemerintah. Mengenai para perantau dari Jawa Tengah yang mudik dari Jakarta perlu dilakukan kewaspadaan.

Ganjar Pranowo tegaskan rapid test diprioritaskan untuk ODP
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menunjukkan Alat Pelindung Diri (APD). (MP/Ismail)

"Ya memang sudah banyak perantauan asal Jawa Tengah di Jakarta pada mudik setelah ada Taggap Darurat Covid-19," kata dia.

Terkait hal itu, pihaknya sudah mengerahkan pemangku pemerintah untuk melakukan pengecekan. Ia mengaku telah memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan pengawasan dan pengecekan.

"Bagi yang ingin mudik ke Jawa Tengah pada Lebaran mendatang agar mengurungkan rencana tersebut. Tidak usah mudik sehingga sama-sama saling menjaga kesehatan masing-masing," terangnya.

Sementara itu, pihaknya akan menambah gerakan dengan dukungan dari Kementerian Pendidikan. Ia mengatakan melalui Dirjen Pendidikan Tinggi, pemerintah akan melibatkan mahasiswa untuk upaya promotif dan preventif.

Baca Juga:

Hotel Grand Cempaka Disulap Anies Jadi Tempat Inap Tenaga Medis Tangani Corona

"Kamk juga melihat fektivitas upaya social distancing akan efektif selama dilakukan secara disiplin oleh warga," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Banyak Layani Pasien Mengeluh Corona, RSUD Tarakan Kekurangan APD



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH