Pandemi Bikin ‘Gila’, Tabungan Deposito Sampai Digunakan untuk Merakit PC PC baru justru bikin Donny jadi lebih semangat bekerja dan kembali menabung. (Foto: Unsplash/bantersnaps)

SUDAH mencapai titik terendah bagi Donny (nama samaran) sampai tidak tahu lagi harus berbuat apa di masa pandemi seperti ini. Pekerjaannya di dunia IT dan kesibukannya yang tiap hari ngoding, membuatnya sedikit frustasi karena terlalu lama bekerja di rumah. Lalu, ‘kegilaan’ apa yang dilakukan Donny untuk menjaganya tetap waras di masa pandemi?

Donny merupakan salah satu pria yang sama seperti anak muda lainnya. Gemar nongkrong, bermain game, dan pekerja keras. Ketika memasuki semester akhir di perkuliahannya, ia bahkan sudah mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu dibandingkan teman-temannya. Gajinya pun terbilang cukup untuk mengisi dompet kulitnya.

Setiap malam minggu, sudah menjadi kewajiban Donny dan keluarganya untuk pergi ke sebuah mal ternama di daerah Tangerang. Segelas kopi Starbucks ukuran venti pun menjadi penenang saat menonton live music. Terkadang, Donny hanya pergi bersama kerabatnya semasa SMA ataupun kuliah.

Baca juga:

Tetap Waras Bagi Ibu Rumah Tangga: Bisnis Minuman Herbal Beromset Rp5 Juta

Pandemi Bikin ‘Gila’, Tabungan Deposito Sampai Digunakan untuk Merakit PC
Setiap hari, Donny berhadapan dengan coding. (Foto: Unsplash/Ilya Pavlov)


Begitu kira-kira kehidupan Donny sebelum adanya pandemi COVID-19 ini. Namun, semuanya berubah ketika masa pandemi dan PSBB datang.

Sama seperti pekerja lainnya, Donny mengerjakan pekerjaannya setiap hari di rumah. Bangun pagi, membersihkan tempat tidur, sarapan, lalu membuka laptop silver dengan logo apple yang sudah tergigit. Kadang-kadang, ia mengaku cukup frustasi karena tidak bisa diseimbangi dengan nongkrong dan tertawa lepas bersama teman-temannya.

"Ya itu tadi. Kayak yang biasanya malam minggu menghirup aroma kopi sambil dengerin live music, sekarang di rumah aja paling. Denger lagu di YouTube, nonton Netflix, dan main Dota sama temen-temen," kata pria berkacamata itu.

Salah satu kebiasaan positif Donny yang bisa kita tiru adalah, ia selalu menyisihkan sebagian besar gajinya untuk ditabung. Beberapa tahun bekerja, tabungan Donny pun terbilang sangat besar dibandingkan teman-teman kuliahnya.

Pandemi Bikin ‘Gila’, Tabungan Deposito Sampai Digunakan untuk Merakit PC
Donny menghabiskan malamnya dengan bermain gim bersama teman-temannya. (Foto: Unsplash/Emmanuel)

Awalnya, gajinya ini disisihkan ke tabungan untuk deposito. Donny memiliki impian sebelum mencapai umur 30 tahun, ia ingin memiliki rumah pribadi. "Wah harga rumah sekarang mahal cuy. Gue takut aja gitu kalo gak nabung dari sekarang, enggak bisa beli rumah nantinya," tutur Donny.

Donny bisa dibilang salah satu orang yang hobi bermain game sejak duduk di bangku SMP. Setiap pukul 22.00 WIB, grup WhatsApp-nya ramai menandakan panggilan untuk bermain Dota 2. Tak tanggung-tanggung, ia pun bisa bermain dari malam sampai jam 04.00 WIB atau 05.00 WIB.

"Gue main Dota biar menghilangkan rasa penat aja karena udah seharian dari pagi sampai sore kerja kan. Pas lagi main ya terbukti seru. Bisa ketawa ngakak sama teman-teman, pokoknya mau balikin vibes yang dulu ilang aja karena pandemi ini," kata Donny.

Baca juga:

Pandemi Memotivasi Wanita Ini Wujudkan Cita-cita Jadi Pengusaha Pakaian hingga Kuliner

Keinginan untuk mengalihkan tabungannya ke deposito pun pupus. Pandemi ini membuat Donny semakin ‘gila’ dan hanya bisa menghabiskan waktu sebagian besar di rumah aja. Akhirnya akhir Agustus kemarin, ia memutuskan untuk membeli peralatan PC menggunakan tabungannya itu.

"Tadinya gue mau jadiin deposito, tapi kayanya masih terlalu kecil deh. Dan akhirnya ya gue beliin aja buat ngerakit PC. Kira-kira habis 40 juta lah," katanya.

Meski begitu, Donny tidak kecewa karena tabungannya digunakan untuk merakit PC baru. Kehadiran PC baru ini justru membuat ia semakin semangat untuk mengerjakan pekerjaannya di bidang IT. Selain memadai, lampu kelap kelip RGB PC-nya membuat main game online jadi lebih leluasa.

"Uang bisa dicari lagi dan gue masih bisa nabung lagi. Perjalanan gue sebagai anak muda masih panjang dan masih ada kesempatan untuk beli rumah," katanya.

Pandemi Bikin ‘Gila’, Tabungan Deposito Sampai Digunakan untuk Merakit PC
Kerja jadi semakin semangat. (Foto: Unsplash/XPS)


Meski suka bermain game sampai subuh, Donny tetap memprioritaskan tugas-tugasnya, seperti pekerjaan kantor, bersih-bersih rumah, dan membantu sampingan orang tuanya berjualan mie ayam. Hal ini lah yang membuat Donny menjadi satgas waras di tengah kegilaan masa pandemi ini.

Nah Sobat Merah Putih, kamu tentu punya kegilaan versi kamu sendiri kan? Tidak perlu khawatir, itu mungkin jadi salah satu medium untuk kamu melepaskan penat di masa pandemi seperti ini. Tapi ingat, semua harus diseimbangkan sebagaimana mestinya ya. (and)

Baca juga:

Tetap Waras Meski Klaster COVID-19 Menghantui Demo RUU Omnibus Law

Kredit : andreas_pranatalta

Tags Artikel Ini

Andreas Pranatalta

LAINNYA DARI MERAH PUTIH