Hari Raya Waisak

Pancaran Api Dharma Waisak dalam Laku Pradaksina Para Biksu

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 27 Mei 2018
Pancaran Api Dharma Waisak dalam Laku Pradaksina Para Biksu
Sejumlah umat Budha membawa Api Dhamma setelah prosesi pengambilan dari sumber Api Abadi Mrapen di desa Manggarmas, Grobogan, Jawa Tengah, Jawa Tengah, Minggu (27/5). (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

MerahPutih.Com - Pada tanggal 29 Mei nanti umat Buddha Indonesia akan merayakan Hari Raya Waisak. Sejumlah ritual dan prosesi mengiringi hari besar yang berkaitan dengan Sidharga Buddha Gautama tersebut. Prosesi Waisak diawali dengan penggambilan api dharma di sumber api abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

Pada Minggu (27/5) sore, para biksu sangga Perwakilan umat Buddha Indonesia melakukan prosesi semayam api dharma di kompleks Candi Mendut.

Dalam prosesi secara khidmat itu, para biksu juga diiringi ratusan umat Buddha, termasuk Ketua Umum Walubi Siti Hartati Murdaya, Direktur Urusan Agama Buddha Kementerian Agama Supriyadi, dan Ketua Walubi Jateng David Hermanjaya.

para biksu mengambil api dharma waisak dari sumber api abadi Mrapen
Prosesi pengambilan api Dhamma atau api abadi yang kemudian disemayamkan di Candi Mendut dan akan dibawa menuju altar utama di Candi Borobudur pada puncak prosesi tersebut merupakan rangkaian dari ritual jelang hari raya Waisak 2562 (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Api dharma Waisak dari Mrapen, Kabupaten Grobogan tiba di pelataran Candi Mendut sekitar pukul 15.00 WIB. David secara simbolis menyerahkan api tersebut kepada Hartati Murdaya dan kemudian diberikan kepada para biksu untuk disemayamkan di Candi Mendut.

Para biksu bersama umat Buddha kemudian berpradaksina atau berjalan kaki mengelilingi candi tersebut tiga putaran, dan selanjutnya meletakkan api dharma di dalam candi tersebut.

Mereka kemudian menuju ke tenda di pelataran Candi Mendut untuk menyalakan lilin pancawarna. Di depan altar besar dengan patung Sang Buddha dan hiasan aneka bunga dan buah-buahan di tenda itu, mereka secara bergantian membacakan parita atau doa-doa dalam ajaran Buddha.

Para Biksu membawa Api Dharma Waisak
Sejumlah umat Budha membawa Api Dhamma setelah prosesi pengambilan dari sumber Api Abadi Mrapen di desa Manggarmas, Grobogan, Jawa Tengah, Jawa Tengah, Minggu (27/5). (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Api dharma sebagai salah satu sarana pujabakti Waisak yang akan dilaksanakan umat Buddha di Candi Borobudur saat Hari Waisak yang jatuh pada Selasa (29/5).

Hartati Murdaya sebagaimana dilansir Antara mengatakan api menjadi lambang penerangan batin umat Buddha dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"Dalam ajaran Buddha, dengan penerangan batin, kita diharapkan dapat melangkah ke depan melalui jalan yang benar, mengikis ego, keserakahan, dan kebodohan, karena hal-hal itu yang menjadi bagian dari kegelapan batin yang membelenggu manusia setiap waktu," kata dia.

Rohaniwan Buddha Biksu Wongsin Labiko Mahathera mengemukakan tentang pentingnya umat mengikuti seluruh rangkaian pujabakti Waisak.

Pradaksina Api Dharma Waisak
Sejumlah Bhiksu melakukan pradaksina atau mengelilingi candi membawa Api Dharma dengan obor yang diambil dari api abadi Mrapen Kabupaten Grobogan saat prosesi penyemayaman Api Dharma Waisak 2018 di Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

"Dengan pujabakti kita memperoleh kebijaksanaan, menjadi orang yang penuh cinta kasih, dan sempurna dengan kemakmuran dalam materi," ujar dia.

Hari Trisuci Waisak dilakukan umat Buddha untuk merayakan tiga peristiwa penting dalam ajaran Buddha, yakni kelahiran Sidharta Gautama, Sang Buddha mencapai penerangan sempurna, dan wafat Buddha Gautama.

Supriyadi mengapresiasi seluruh rangkaian perayaan Waisak di Candi Mendut dan Candi Borobudur yang dilakukan umat Buddha Indonesia.

"Hari ini pengambilan api dari Mrapen untuk disemayamkan di Candi Mendut," katanya.

Para Biksu melakukan Pradaksina dengan membawa Api Dharma Waisak
Sejumlah Bhiksu melakukan pradaksina atau mengelilingi candi membawa Api Dharma dengan obor yang diambil dari api abadi Mrapen Kabupaten Grobogan saat prosesi penyemayaman Api Dharma Waisak 2018 di Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/5). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Ia mengharapkan umat Buddha menjadikan api dharma Waisak sebagai penyulut spirit untuk terus memperkuat keyakinannya.

"Mudah-mudahan api dharma ini menjadi spirit untuk tetap berkeyakinan dengan Buddha Dharma. Dengan bersemayam dharma, umat Buddha Indonesia taat beragama dan taat sebagai warga negara, dan terus berkarya mengabdikan diri bagi bangsa dan negara," katanya.

Rencananya para biksu dan umat Buddha melakukan pengambilan air berkah Waisak di Umbul Jumprit Kabupaten Temanggung untuk dibawa dan disemayamkan di Candi Mendut pada Senin (28/5). Air berkah itu juga salah satu sarana pujabakti Waisak.

Pada Hari Waisak, Selasa (29/5) umat akan berjalan kaki dari Candi Mendut ke Candi Borobudur sejauh sekitar tiga kilometer dengan membawa berbagai sarana pujabakti itu. Saat detik-detik Waisak pada pukul 21.19.13 WIB, umat Buddha bersama para biksu bermeditasi selama beberapa saat di pelataran Candi Borobudur.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Promosi Borobudur, Kemenpar Selenggarakan Famtrip Vesak Day

#Hari Raya Waisak #Buddha #Candi Borobudur
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan