PAN SIapkan Kritik Konstruktif ke Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno. (MP/Mauritz)

Merahputih.com - Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan tidak ada bedanya berada di dalam atau di luar pemerintahan. PAN tetap akan mendukung semua kebijakan Presiden Joko Widodo yang pro terhadap rakyat.

"Tetapi kita juga memberikan ruang bagi PAN untuk bisa memberikan kritik yang konstruktif namun tetap objektif,” ujar Sekjen DPP PAN, Eddy Soeparno kepada wartawan di Jakarta, Rabu (23/10).

Baca Juga:

Erick Thohir Pelajari Permasalahan untuk Bikin Indikator Kinerja BUMN

Eddy menilai, saat ini sudah tidak mengenal istilah koalisi atau oposisi lagi. Lantaran para elite politik sekarang sudah bercampur jadi merah putih.

“Jadi sudah tidak ada dikotomi lagi mengenai koalisi, ex koalisi, tidak ada lagi. Jadi saya pikir sekarang kita semua sudah bekerja sama, toh kita sudah melakukan kerja sama yang baik di parlemen,” ujarnya.

Presiden Jokowi bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin serta para Menteri Kabinet Indonesia Maju berfoto bersama di tangga Istana Merdeka Jakarta, Rabu (22/10/2019) (Desca L Natalia)

Eddy berpendapat, semua elemen politik sudah bercampur baur menjadi satu, dan hal tersebut akan dibuktikan dalam pilkada serentak 2020 nanti.

“Nanti dalam agenda besar pilkada serentak 2020 semuanya akan serba cair tidak ada lagi pembedaan, tidak ada garis tegas antara ex 01 dan ex 02, semuanya bercampur baur karena tujuannya akan berbeda-beda tetapi saya sampaikan sekarang bahwa PAN sudah jelas sikapnya akan mendukung pemerintahan saat ini,” ujarnya.

Eddy mengaku, partainya tidak pernah mengincar posisi apapun, terutama posisi wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju.

“PAN dari awal tidak pernah mengharapkan apapun. Kita tidak pernah meminta apalagi menekan, tidak ada," ungkap dia.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Padukan Sipil dan Militer di Kabinet Demi Keseimbangan

"PAN menyadari sepenuhnya saat pilpres kemarin PAN bukan pendukung pasangan 01 dan kita sampaikan pada saat kita mendukung Pak Jokowi kita lakukan secata konsisten tidak ada imbal balik atau tawaran imbal balik apapun,” jelasnya.

Eddy juga berharap, kabinet ini dapat bekerja dengan optimal, bekerjasama dengan baik, kerja keras dan kerja cepat. "Karena memang tantangan ke depan berat dan besar,” harapnya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH