PAN Segera Tentukan Arah Koalisi Pilpres 2024

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 25 Juli 2023
PAN Segera Tentukan Arah Koalisi Pilpres 2024
Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi. FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf/ed/ama/pri.

MerahPutih.com - Partai Amanat Nasional (PAN) dalam waktu dekat akan mengumumkan arah politiknya termasuk menentukan siapa pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung di Pilpres 2024.

“PAN akan memutuskan paslon di pilpres dalam beberapa pekan ke depan. Secara resmi nanti akan diumumkan oleh ketua umum PAN, Bang Zulkifli Hasan,” kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga kepada wartawan, Selasa (25/7).

Baca Juga

Prabowo Sopiri Presiden dan Erick, Pengamat: Simbol Restu Jokowi di Pilpres 2024

Viva menjelaskan PAN memegang dua prinsip dalam menentukan dukungan kepada pasangan capres-cawapres. Pertama, partainya akan berkoalisi dengan partai pro pemerintah.

Kedua, PAN akan mengusung pasangan capres-cawapres yang memiliki elektabilitas atau tingkat keterpilihan tinggi di kontestasi politik 2024.

“Atau adanya perpaduan paslon yang berpotensi dapat menambah basis konstituen sehingga akan menambah suara kemenangan,” ungkapnya.

Baca Juga

Kiai-Santri Ikrarkan Dukungan untuk Cak Imin di Pilpres 2024

Sejauh ini, Viva mengakui PAN mendukung Menteri BUMN Erick Thohir maju sebagai cawapres 2024. Sebab, Erick merupakan personifikasi dari PAN.

Terlebih, kata dia, elektabilitas Erick juga menempati posisi puncak sebagai bakal cawapres. Menurutnya, hal itu tak bisa dilepaskan dari kinerja Erick sebagai menteri dan Ketum PSSI.

“Di sini posisi strategis bakal cawapres yang memiliki elektabilitas tinggi karena akan dapat menambah akumulasi atau peningkatan elektabilitas paslon nantinya,” ujar Viva. (Pon)

Baca Juga

PPP Jamin Sandiaga Uno Mampu Dongkrak Suara Ganjar di Pilpres 2024

#Viva Yoga #Partai Amanat Nasional #Capres 2024 #Erick Thohir
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan