PAN Sebut Akurasi Data Survei SMRC Lemah

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 02 Januari 2018
PAN Sebut Akurasi Data Survei SMRC Lemah
Rilis hasil survei SMRC di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (2/1). (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais meragukan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkait kekuatan partai politik dan calon presiden. Menurut dia, ada indikasi survei tersebut tidak mengedepankan akurasi data.

"‎Ada indikasi kuat survei atau polling tidak lagi mengedepankan akurasi data. Yang kemudian muncul adalah untuk menyiasati opini publik," kata Hanafi Rais menanggapi hasil survei SMRC di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (2/1).

Berdasarkan hasil survei SMRC, elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berada di posisi teratas dengan memperoleh 27,6 persen. Sementara, PAN hanya mendapat 2,0 persen suara di bawah Perindo yang meraih 2,6 persen.

Dalam survei bertajuk Tahun Politik 2018: Kekuatan Partai dan Calon Presiden itu, PAN juga disebut sebagai partai yang memiliki swing voters atau pemilih tidak loyal terbanyak sesudah Demokrat, yakni sebesar 50 persen.

Menurut Hanafi, saat ini tidak ada satu lembaga pun yang dapat bersikap netral dalam melihat realitas politik yang ada. Ia menilai, semua lembaga survei memiliki keberpihakan.

"Kita tidak bisa membuang kenyataan tersebut," imbuh putra sulung mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais ini.

Meski meragukan hasil survei SMRC, Hanafi mengaku tetap akan menjadikan temuan ini sebagai pecutan semangat bagi partainya untuk bekerja lebih giat dalam menghadapi tahun politik pada Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019.

"Jadi, katak kalau ditaruh di panci yang sudah panas biasanya akan melompat tinggi. Jadi lembaga polling ini hasilnya apa pun kita maknai untuk semangat kerja," pungkas Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini. (Pon)

Baca juga berita lainnya terkait hasil survei SMRC dalam artikel: Survei SMRC: 67 Persen Warga Setuju Prabowo Jadi Cawapres Jokowi

#Pilpres 2019 #PAN #Survei SMRC
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan