Seni
Pameran Seni Rupa "Manifesto VIII : Transposisi" Digelar Manifesto akan berlangsung sepanjang 27 Juli-26 Agustus 2022 di Galeri Nasional dan Muskitnas setiap hari. (merahputih.com/Hendaru Tri Hanggoro

TUMPUKAN batu-bata dan karya instalasi menyerupai unggas itu tampak menarik. Unggasnya terbuat dari sampah plastik dengan warna-warni mencolok. Seperti kelebihan dandan. Paruhnya terbuka lebar, sedangkan mata unggas-unggas itu kelihatan sayu.

Unggas-unggas itu menggambarkan orang-orang yang ingin viral atau populer cepat. Mereka mendandani dirinya secara berlebihan, menutup apa yang natural dari diri mereka. Sedangkan plastik mencitrakan kepalsuan.

"Sampah plastik adalah simbol kepalsuan. Sesuatu yang instan yang kemudian dikemas sedemikian rupa, bersolek sedemikian rupa," kata Ary Okta, sang seniman pencipta karya instalasi berjudul "Menunggu Digoreng" dalam Press Tour Manifesto VIII Transposisi di Museum Kebangkitan Nasional (Muskitnas) (26/07/22).

Ary mengaku gelisah melihat tatanan kearifan kulturan diinjak-injak demi popularitas sesaat. Menurutnya, penyebab semua itu adalah disrupsi di segala lini seperti disrupsi budaya dan teknologi.

Disrupsi adalah perubahan besar terhadap tatanan dan sistem. Kadang kala disertai pergeseran hati nurani dan tercerabutnya akar budaya. Dia menuangkan kegelisahannya dalam "Menunggu Digoreng".

"Menunggu Digoreng" menjadi salah satu karya yang dipamerkan dalam Manifesto VIII: Transposisi di Muskitnas. Selain karya Ary Okta, dalam ruang yang sama terdapat pula karya Kana Fuddy Prakoso berjudul "Bukan Fiksi [E] Tapi Fakta".

Baca juga:

Galeri Nasional Indonesia Membuka Pameran MANIFESTO VII 'PANDEMI' Secara Daring

manifesto viii
"Menunggu Digoreng" menjadi salah satu karya yang dipamerkan dalam Manifesto VIII: Transposisi di Muskitnas. (merahputih.com/Hendaru Tri Hanggoro)

Karyanya menampilkan dua sepeda lawas. Di belakangnya terdapat material kardus, kertas nasi, dan kayu. Material itu digambari sketsa sepeda berbagai model.

Karya Fuddy seperti menjawab kegelisahan dalam karya Ary Okta. "Sepeda seperti simbol percepatan gerakan, ini bukan fiksi tapi fakta," kata Fuddy. Sepeda juga menjadi lambang ketahanan menghadapi berbagai keadaan yang tak menentu di zaman serba instan dan palsu.

"Cuma kita mengandalkan diri kita sendiri dan kemampuan sendiri untuk tetap bisa bertahan dan menyiasati keadaan," tambah Fuddy.

Selain dua karya tadi, masih banyak karya seniman lainnya yang tak kalah menarik dan mengandung cerminan atau refleksi persoalan sosial hari ini. Tapi ada juga karya yang lebih berhubungan dengan imajinasi abstrak dan non-kontekstual. Artinya, karya tersebut tak berangkat dari persoalan hari ini.

Semua karya tersebut dapat dilihat di dua tempat berbeda pada Manifesto VIII kali ini : Muskitnas dan Galeri Nasional (Galnas). Pemilihan dua tempat ini menghidupkan kembali kenangan pada penyelenggaraan Manifesto I pada 2008, tepat pada momen 100 tahun Kebangkitan Nasional Indonesia.

Baca juga:

Medium Video dan 5 Kelompok Berbeda dalam Pameran Manifesto VII 'Pandemi'

manifesto viii
Sepeda seperti simbol percepatan gerakan, ini bukan fiksi tapi fakta. (merahputih.com/Hendaru Tri Hanggoro)

Rizky A. Zaelani, Kurator Pameran, mengungkapkan bahwa Manifesto menegaskan dua hal penting. Pertama, perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia kini telah mengembangkan model apresiasi publik terhadap ekspresi karya-karya seni rupa yang dipresentasikan di ruang publik, termasuk Gedung Stovia, pelajar Boedi Oetomo penggagas Kebangkitan Nasional. Kini gedungnya telah menjadi Muskitnas.

Kedua, gagasan penciptaan karya-karya seni rupa kontemporer Indonesia pun, pada umumnya tetap menjadi khas dan signifikan karena selalu menghubungkan dinamika kemajuan masyarakat kontemporer kini dengan landasan pembelaan sikap-sikap kebangsaan.

Manifesto VIII menampilkan 108 karya dari 108 seniman seluruh Indonesia. Kebanyakan karya tersebut melihat perkembangan sains dan teknologi sebagai bagian dari kepentingan kemajuan seni rupa.

"Karya-karya dalam pameran ini akan menunjukkan kemajuan dan perkembangan tersebut dalam berbagai bentuk pendekatan dan cara pengungkapan yang berbeda-beda," kata Rizky dalam Konferensi Pers Manifesto VIII : Transposisi di Museum Kebangkitan Nasional (26/07/22).

Manifesto akan berlangsung sepanjang 27 Juli-26 Agustus 2022 di Galeri Nasional dan Muskitnas setiap hari (kecuali hari libur nasional) pukul 10.00-19.00 WIB. Sebelum berkunjung, kamu dapat mendaftar kunjunganmu di situs gni.kemdikbud.go.id/kunjungi-kami dan muskitnas.net.

Kalau kamu terlalu sibuk dan jauh dari tempat acara, kamu tetap bisa menikmati pameran seni rupa dua tahunan sekali ini melalui gni.kemdikbud.go.id. Jadi jangan lewatkan pameran ini ya. Siapa tahu kamu dapat inspirasi berkarya dari sini. (dru)

Baca juga:

Menjelajah Waktu di Wahana ImersifA Museum Nasional

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Microcurrent, Efektivitas Perangkat Kecantikan Menurut Dermatolog
Fun
Microcurrent, Efektivitas Perangkat Kecantikan Menurut Dermatolog

Perangkat kecantikan yang didukung kecanggihan teknologi.

Tips Mengemudi Aman di Tengah Hujan Deras dan Angin Kencang
Fun
Tips Mengemudi Aman di Tengah Hujan Deras dan Angin Kencang

Perjalanan tetap bisa dilakukan saat hujan deras dan angin kencang.

Profesi Unik Bintang Hollywood Sebelum Masuk Dunia Hiburan
ShowBiz
Profesi Unik Bintang Hollywood Sebelum Masuk Dunia Hiburan

Selebritas dengan profesi yang tidak pernah terduga sebelumnya.

Jangan Lakukan, Ide Melamar yang Buruk
Hiburan & Gaya Hidup
Jangan Lakukan, Ide Melamar yang Buruk

Kamu perlu tahu beberapa hal tabu saat kamu berniat melamar pasanganmu.

Yang Tak Boleh Diucapkan pada Orang Depresi
Fun
Yang Tak Boleh Diucapkan pada Orang Depresi

Kata dan kalimat yang membuat orang depresi semakin terpuruk.

Piala Citra Festival Film Indonesia Sempat Berubah-Ubah, Mengapa?
Indonesiaku
Piala Citra Festival Film Indonesia Sempat Berubah-Ubah, Mengapa?

Perubahan bentuk awal Piala Citra tahun 2014 dianggap sebagai simbol kembalinya penyelenggaraan FFI kepada semangat awal

Akal-akalan Orang Negeri Aing Enggan Vaksin COVID-19
Hiburan & Gaya Hidup
Akal-akalan Orang Negeri Aing Enggan Vaksin COVID-19

Abdul Rahim telah menggantikan 14 orang sehingga tubuhnya menerima sebanyak 17 kali vaksin selama rentang lebih kurang tiga bulan.

Twitter Beri Akses Semua Pengguna untuk Gunakan Spaces
Fun
Twitter Beri Akses Semua Pengguna untuk Gunakan Spaces

Spaces merupakan ruang obrolan audio dari Twitter.

Sutradara 'Shang-Chi' Ingin Jackie Chan Gabung MCU
ShowBiz
Sutradara 'Shang-Chi' Ingin Jackie Chan Gabung MCU

Merupakan impian terbesar Cretton.

Travel in Style, Gaya Pelesir Ratu Elizabeth II
Travel
Travel in Style, Gaya Pelesir Ratu Elizabeth II

Telah mengunjungi 117 negara dunia, dengan jarak tempuh tak kurang dari 1 juta mil.