Pameran Foto Kebudayaan Meriahkan Grand Opening Hotel Episode Gading Serpong

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 05 Juni 2022
Pameran Foto Kebudayaan Meriahkan Grand Opening Hotel Episode Gading Serpong
Pameran foto 'Eksplorasi Budaya Baduy & Peranakan Banten' mewarnai grand opening hotel Episode Gading Serpong. (Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto)

HOTEL Episode Gading Serpong baru saja mengadakan grand opening sekaligus menandakan hotel bintang empat tersebut siap beroperasi 100 persen dan siap menyambut tamu dengan kapasitas hotel penuh. Acara berlangsung meriah dan unik dengan kehadiran pameran foto bertema budaya.

Pameran foto tersebut digelar bekerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Tangerang, dengan tema kebudayaan bertajuk 'Eksplorasi Budaya Baduy & Peranakan Banten'. Tema dipilih untuk mempromosikan budaya khas Banten yang cukup jarang terekspos, padahal memiliki keunikan dan adat istiadat yang begitu kaya.

Hajatan pameran foto tersebut turut dihadiri oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang menyampaikan apresiasinya atas inisiatif Hotel Episode Gading Serpong untuk mengenalkan budaya khas Banten lebih luas lagi agar semakin dikenal dan diminati oleh para wisatawan.

Baca juga:

Meriah, Gelaran Soft Opening Hotel Episode Gading Serpong

pameran foto grand opening hotel episode gading serpong
Pameran Foto 'Eksplorasi Budaya Baduy & Peranakan Banten' di grand opening hotel Episode Gading Serpong. (Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto)

"Foto bisa berbicara kepada para pengunjung nanti mengenai bagaimana sebetulnya adat istiadat dan budaya yang berkembang dari zaman dulu dan menjadi akar di wilayah Banten terutama Baduy maupun budaya peranakan Tionghoa di wilayah Tangerang," kata Zaki saat grand opening Hotel Episode Gading Serpong, Minggu (5/6).

Zaki menambahkan bahwa keberagaman budaya Indonesia yang ada di provinsi Banten sudah begitu mengakar, menjadi tugas generasi penerus untuk terus menjaga nilai-nilai kebudayaan tersebut agar menjadi potensi kekayaan bangsa yang dapat menjadi nilai jual Indonesia dibanding negara lain.

"Mudah-mudahan foto ini bisa menjadi bagian dari dokumentasi perjalanan sejarah bangsa terkait adat istiadat dan budaya," tukasnya.

Baca juga:

Menikah Elegan di Hotel Episode Gading Serpong

pameran foto grand opening hotel episode gading serpong
Ahmed Zaki Iskandar turut menghadiri pameran foto 'Eksplorasi Budaya Baduy & Peranakan Banten' (Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Sementara juri sekaligus kurator pameran foto 'Eksplorasi Budaya Baduy & Peranakan Banten' Ismar Patrizki mengatakan tujuan dari gelaran tersebut adalah untuk mempromosikan lebih jauh lagi keragaman budaya Indonesia yang begitu kaya terutama seperti budaya Baduy dan peranakan.

"Esensi utamanya adalah untuk melihat foto mana kira-kira yang paling mampu menyampaikan pesan persatuan budaya dan sangat sesuai dengan tematik Hotel Episode Gading Serpong," kata Ismar kepada Merah Putih, Minggu (5/6).

Ismar melanjutkan keberagaman menjadi pesan utama dalam gelaran pameran foto tersebut, sebab Indonesia memiliki latar belakang suku dan budaya yang begitu beragam, sehingga esensi utama dari foto yang dipamerkan adalah tentang bagaimana sebuah potret bisa mewakili keragaman budaya di Indonesia yang sangat variatif.

Baca juga:

Sensasi Menginap Serasa Baduy di Hotel Episode Gading Serpong

/media/da/54/d8/da54d8d182a7a9121cbab7005d32d9ac.JPG
Sambutan Faisal R. Syam selaku ketua PFI Tangerang. (Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto)

"Publik juga terlihat sangat antusias dengan digelarnya pameran ini dan pesertanya kemarin cukup banyak, kita kurasi sampai sekitar 400 foto dan yang hari ini dipamerkan ada 30 foto, semuanya kita seleksi dan ada enam juara, tiga dari kategori jurnalis dan tiga dari kategori umum," ujar Faisal R. Syam selaku ketua PFI Tangerang kepada Merah Putih, Minggu (5/6).

Faisal berharap melalui digelarnya pameran ini, generasi baru dan mendatang bisa semakin mengenal suku Baduy dan peranakan yang begitu unik dan kaya akan adat istiadat, terutama mengenal penduduk asli Banten yang masih mengadopsi kental kehidupan khas budaya Banten seperti di Baduy dan Tangerang. (waf)

#Breaking #Wisata #Hotel Episode #Gading Serpong #Pameran Foto
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan