Palangka Raya Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menetapkan status Siaga Darurat Bencana akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Penetapan status ini berlaku sampai satu bulan ke depan.

"Berdasarkan kondisi di lapangan dan kesepakatan tim Satgas Karhutla maka kita tetapkan Palangka Raya berstatus Siaga Darurat Bencana mulai 13 Agustus hingga 12 September nanti," kata Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia di Palangka Raya, Rabu (9/8).

Status ini bisa berubah setiap waktu melihat kondisi dan perkembangan di lapangan.

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio mengatakan, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi setiap tahun seharusnya menjadi pengalaman yang berharga.

"Sehingga seharusnya setiap tahun kita semakin siap melakukan antisipasi dan penanganan kebakaran hutan dan lahan," kata Mofit.

Namun, di sisi lain dia melihat kesiapan antisipasi dan penanganan karhutla belum maksimal yang ditunjukkan dengan sejumlah peralatan pemadam yang kondisinya tidak lengkap.

"Saya melihat ada alat pemadam ini yang tinggal pompa airnya, sebagian lainnya tinggal selang, motor roda tiga tidak bisa difungsikan bahkan rodanya sudah tidak lengkap," katanya.

Untuk itu, perlu kesadaran dan kerja sama seluruh pihak agar upaya antisipasi dan penanganan karhutla berjalan maksimal.

Dansatgas Karhutla Palangka Raya, Letkol Inf Alfius Navirinda Krisdinanto meminta seluruh anggota satgas memetakan potensi dan kekuatan yang dimiliki. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

YOU MAY ALSO LIKE