Sains
Pakar: Sekat Plastik Tidak Menghentikan Penularan COVID-19 Sekat plastik dipasang pada semua area komersil. (Foto: Unsplash/Paulo Silva)

PENGHALANG atau sekat plastik yang memisahkan orang-orang di toko, restoran, dan ruang kelas mungkin tidak efektif dalam menghentikan penularan COVID-19 seperti yang diperkirakan semula. Demikian diberitakan The New York Times (19/8).

Para ilmuwan yang mempelajari aliran udara, ventilasi, dan tetesan aerosol mengatakan, sekat itu mungkin tidak membantu, dan pada kenyataannya, dapat memperburuk situasi dengan menghalangi aliran udara normal.

Baca Juga:

Cara Mudah Enyahkan Overthinking

plastik
Sekat tidak banyak membantu mencegah partikel aerosol kecil dari virus menyebar. (Foto: 123RF/skynetgame)

Biasanya, saat orang berinteraksi dan bernapas di sebuah ruangan, arus dan sistem ventilasi mensirkulasikan kembali udara dan menyebarkan partikel yang dihembuskan. Namun, dengan sekat plastik, partikel bisa terperangkap di "zona mati" dan menumpuk.

“Jika ada banyak penghalang di ruang kelas, itu akan mengganggu ventilasi yang bekerja di ruangan itu,” Linsey Marr, profesor teknik sipil dan lingkungan di Virginia Tech, mengatakan kepada surat kabar tersebut.

"Aerosol semua orang akan terperangkap dan terjebak di sana dan menumpuk, dan akhirnya akan menyebar ke luar dari mejamu sendiri," Marr menambahkan.

Beberapa variabel menjadi faktor efektivitas penghalang plastik. Sekat dapat menghentikan tetesan pernapasan besar dari batuk dan bersin, misalnya, tetapi mungkin tidak banyak membantu mencegah partikel aerosol kecil dari virus seperti yang menyebabkan COVID-19 menyebar.

Baca Juga:

Kriteria Olahraga Tepat untuk Tingkatkan Imunitas di kala Pandemi COVID-19

Tidak efektif menghalangi virus

plastik
Dengan sekat plastik, partikel bisa terperangkap di zona mati dan menumpuk. (Foto: 123RF/freedomtumz)

Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Juni dan dipimpin para peneliti dari Johns Hopkins, menunjukkan bahwa sekat meja di ruang kelas dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi virus corona. Di distrik sekolah Massachusetts, para peneliti menemukan, pembatas plexiglass dengan dinding samping di kantor utama menghambat aliran udara. Sebuah penelitian yang mengamati sekolah-sekolah di Georgia menemukan, sekat meja memiliki sedikit efek pada penyebaran virus corona, dibandingkan dengan perbaikan ventilasi dan penutup.

Peneliti lain di Inggris telah melakukan studi pemodelan yang mensimulasikan apa yang terjadi ketika seseorang di satu sisi penghalang — seperti pelanggan di toko — menghembuskan partikel saat berbicara atau batuk di bawah berbagai kondisi ventilasi.

Layar lebih efektif ketika orang batuk, karena partikel yang lebih besar memiliki momentum yang lebih besar dan mengenai penghalang. Namun, ketika seseorang berbicara, layar tidak menjebak partikel yang dihembuskan dan hanya melayang di sekitarnya. Partikel pun masih ada di dalam ruangan, menimbulkan risiko bagi petugas dan orang lain yang mungkin menghirup udara yang terkontaminasi.

"Kami telah menunjukkan efek memblokir partikel yang lebih besar, tetapi juga bahwa aerosol yang lebih kecil bergerak di atas sekat dan bercampur di udara ruangan dalam waktu sekitar lima menit," kata Catherine Noakes, seorang profesor teknik lingkungan di University of Leeds, terkait penelitian-penelitian tersebut.

"Ini berarti jika orang berinteraksi selama lebih dari beberapa menit, mereka kemungkinan akan terpapar virus yang terlepas dari sekatnya," katanya.

Baca Juga:

Mengapa Orang yang Sudah Vaksin Penuh Perlu Dosis Booster?

Lokasi dan pengaturan

plastik
Penghalang besar di kasir akan lebih efektif dari sekat yang banyak dalam ruang kelas. (Foto: 123RF/bignai)

Efektivitas penghalang plastik kemungkinan juga tergantung pada lokasi dan pengaturannya. Seorang pengemudi bus dengan penghalang besar, misalnya, mungkin dapat menghindari menghirup partikel yang dihembuskan penumpang. Kasir bank atau petugas toko yang berada di belakang penghalang besar mungkin juga sebagian dilindungi.

Meski begitu, para ilmuwan mengatakan masih diperlukan lebih banyak penelitian. Misalnya, penghalang yang lebih tinggi lebih mungkin efektif. Namun, keberadaan banyak sekat dalam satu ruangan kemungkinan dapat menghalangi aliran udara.

Para peneliti telah merekomendasikan agar sekolah dan kantor fokus pada ventilasi, masker, dan vaksin untuk memperlambat penyebaran virus corona. "Aliran udara di dalam ruangan cukup rumit," Richard Corsi, dekan teknik di University of California di Davis.

“Setiap ruangan berbeda dalam hal penataan furnitur, ketinggian dinding dan langit-langit, ventilasi, di mana rak buku berada,” katanya, “Semua hal ini memiliki dampak besar pada aliran aktual dan distribusi udara di sebuah ruangan.” (aru)

Baca Juga:

Pandemi Lahirkan Tren Wisata Vaksinasi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tomorrowland 2022 akan Digelar di Tiga Akhir Pekan
ShowBiz
Tomorrowland 2022 akan Digelar di Tiga Akhir Pekan

Menambahkan satu akhir pekan ekstra.

Jangan Menunda Perawatan Mulut dan Gigi Berkala ke Dokter Gigi
Hiburan & Gaya Hidup
Jangan Menunda Perawatan Mulut dan Gigi Berkala ke Dokter Gigi

Segera ke dokter kalau memiliki masalah gigi.

Uji Keberanian di Wahana 'Jurnal Risa - Rumah Sandekala'
Fun
Uji Keberanian di Wahana 'Jurnal Risa - Rumah Sandekala'

Dibutuhkan keberanian dan nyali yang tebal untuk bisa menjelajahi Rumah Sandekala.

Geisha Memperkenalkan Citra Baru Lewat Lagu 'Impas'
ShowBiz
Geisha Memperkenalkan Citra Baru Lewat Lagu 'Impas'

Citra baru Geisha sangat terasa di lagu Impas.

Toleransi dalam Stoples Kue Kering Khas Lebaran
Hiburan & Gaya Hidup
Toleransi dalam Stoples Kue Kering Khas Lebaran

Kue kering mulanya dikenal pada masa kolonial melalui pertukaran hantaran dari keluarga Eropa.

Air Dingin Bagus untuk Rambut?
Fun
Air Dingin Bagus untuk Rambut?

setiap helai rambut kamu juga akan terpengaruh apabila menggunakan air dingin atau air panas.

Mengintip Spesifikasi Motherboard iGame Z690D5 Ultra
Fun
Mengintip Spesifikasi Motherboard iGame Z690D5 Ultra

Motherboard iGame Z690D5 dibuat untuk memenuhi kebutuhan para gamers yang menginginkan PC dengan performa tinggi

Sudah Tahu Cara Memulihkan Unggahan Facebook yang Dihapus?
Fun
Sudah Tahu Cara Memulihkan Unggahan Facebook yang Dihapus?

Unggahan Facebook yang dihapus masih bisa dipulihkan.

Daftar Lengkap Nominasi Anugerah Musik Indonesia 2021
ShowBiz
Daftar Lengkap Nominasi Anugerah Musik Indonesia 2021

Mengambil tema ‘Spirit of Creativity’ perhelatan ke-24 Anugerah Musik Indonesia baru saja melalui beberapa tahap

Pentingnya Literasi Keuangan bagi Semua Orang
Fun
Pentingnya Literasi Keuangan bagi Semua Orang

Dengan memahami semua itu maka seseorang akan lebih tahu dan paham bagaimana mengambil keputusan keuangan.