Pakar Perkotaan: Pendekatan Budaya Mutlak untuk Pembangunan Jakarta Warga berjalan di atas turap di kawasan Kampung Pulo, Jakarta, Senin (16/11). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

MerahPutih Megapolitan - Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok untuk merelokasi warga di wilayah Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu sudah benar. Hal tersebut diutarakan oleh pakar perkotaan Yayat Supriyatna.

Menurut Yayat, pemindahan warga di bantaran Sungai Ciliwung ke Rusunawa Jatinegara adalah upaya Ahok dalam menata Jakarta. Namun, hasil yang didapat belum bisa dilihat karena masih dalam proses pengerjaan.

"Nanti kita bisa lihat, sekarang kan Kampung Pulo sudah tertata walaupun belum selesai, tetapi tujuannya untuk memperbaiki yang sudah ada," katanya melalui telepon, Selasa (17/11).

Yayat pun menilai, konflik yang terjadi saat relokasi berlangsung hanya karena kurang komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat. Jika komunikasi bisa terbentuk, maka konflik dapat dihindari.

"Mungkin komunikasi lebih diperbaiki saja, agar masyarakat lebih mengerti, kalau lebih diinformasikan mungkin dimengerti, memang harus ada pendekatan secara budaya, kalau sekarang kan pendekatan struktur, karena adanya pendekatan proyek, suatu saat perlu ada kerja sama yang lebih bagus," jelasnya. (yni)

 

Baca Juga:

  1. Pakar Perkotaan: Tangani Masalah Jakarta Tak Cukup Satu Hari
  2. Perbaikan Jalan di Jakarta Molor itu Salah DPRD
  3. Pengamat: Sistem Hambat Pembangunan Jalan di Jakarta
  4. Banjir, Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Terjunkan Puluhan Personel
  5. Noorsy: Reklamasi Teluk Jakarta Ancam Pertahanan Keamanan


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH