Pakar Militer Baca 3 Kode Jokowi tentang Peluang Andika Jadi Panglima TNI

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 01 November 2021
Pakar Militer Baca 3 Kode Jokowi tentang Peluang Andika Jadi Panglima TNI
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki massa pensiun November 2021. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Pengamat Militer Ridlwan Habib menyebutkan ada tiga kode sosok calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Ridlwan, hingga saat ini memang belum ada yang tahu sosok calon panglima TNI pilihan Presiden Jokowi. "Namun ada beberapa kode-kode Presiden Jokowi yang muncul sebulan terakhir," imbuh dia, Senin (1/11).

Baca Juga:

Jenderal Andika Ikut Lepas Jokowi ke Roma, Sinyal Gantikan Marsekal Hadi?

Kode pertama, ucapan Presiden Jokowi pada ibu negara Iriana saat melihat pameran alutsista di Peringatan HUT TNI 5 Oktober 2021. Saat itu, Jokowi menawari Iriana mencoba naik kendaraan alutsista darat dengan bercanda akan disopiri KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa.

Kode kedua adalah kunjungan Mensesneg Pratikno di Mabes Angkatan Darat. Dalam video yang dirilis channel Youtube resmi TNI AD pada 11 Oktober itu Pratikno tampak berkeliling markas dengan didampingi Andika.

Kode terbaru, saat Presiden Jokowi hendak terbang ke Roma, Italia, tampak Kasad Jenderal Andika Perkasa ikut mengantar di tangga pesawat.

Andika  jenderal otot
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang menuju Roma, Italia, Jumat (29/10). (Foto: Biro Pers Setpres)

Ridlwan menjelaskan semua kepala staf akan pensiun sebelum Pilpres 2024. Kasad Andika Perkasa pensiun tahun depan, Kasal Yudo Margono pensiun 2023, dan Kasau pensiun pada April 2024 atau pada saat pilpres akan dihelat.

Artinya, kata Ridlwan, semua jenderal bintang empat berpeluang menjadi Panglima TNI. Tentunya, lanjut dia, Presiden Jokowi mempertimbangkan banyak faktor, termasuk masa jabatan.

"Kalau melihat dinamikanya memang Kasad Jenderal Andika yang paling berpeluang dipilih sehingga tahun depan bisa ada Panglima TNI yang baru lagi dengan masa jabatan panjang melampaui pelaksanaan Pilpres 2024," ucap pakar militer itu.

Baca Juga:

Pimpinan DPR Nilai Jenderal Andika dan Laksamana Yudo Mumpuni Jadi Panglima TNI

Namun, lanjut Ridlwan, soal pemilihan sosok Panglima TNI tentunya semua kembali pada hak prerogatif Presiden Jokowi. "Ingat pemilihan panglima hak presiden. Ini bukan pilkada atau pemilihan lurah yang pakai tim sukses. Kita tunggu saja surat resmi Presiden," tuturnya dilansir Antara.

Sampai saat ini, Kepala Negara belum mengirimkan surat kepada DPR tentang kandidat Panglima TNI yang baru. Padahal sesuai usia jabatan, Marsekal Hadi Tjahjanto akan pensiun sebagai Panglima TNI akhir bulan ini.

Presiden Jokowi sendiri dijadwalkan pulang dari rangkaian kunjungan luar negeri pada 5 November 2021. "Dugaan saya surat presiden akan dikirimkan pekan ini, mungkin menunggu Presiden pulang dari KTT G-20," tutup Ridlwan. (*)

Baca Juga:

Komisi I Ingatkan Panglima TNI Tidak Boleh Dijabat Plt

#Panglima TNI #Jenderal Andika Perkasa
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan