Pakar Geologi Unhas Nilai Tren Gempa Susulan Makin Mengecil

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 18 Januari 2021
Pakar Geologi Unhas Nilai Tren Gempa Susulan Makin Mengecil
Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban gempa bumi magnitudo 6,2 di Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (16/1/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Merahputih.com - Pakar geologi kebencanaan dari Universitas Hasanuddin, Adi Maulana, mengatakan gempa susulan mempunyai tren semakin lama semakin kecil.

Gempa susulan atau aftershock adalah gempa yang terjadi setelah gempa utama (gempa yang paling besar). Untuk kasus di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat bermagnitudo 6,2 SR. Menurut dia, jika melihat sejarah gempa di daerah itu, pernah terjadi gempa besar pada 1967 dan 1969 dengan magnitudo 6,9.

"Gempa yang lalu yang 6,2, sehingga diperkirakan masih ada energi gempa yang belum rilis," ujar Adi seperti dikutip Antara, Senin (18/1).

Baca Juga

Rentetan Gempa Besar dan Tsunami Yang Berpusat di Majene Sulawesi Barat

Hal itu dikemukakan Adi menanggapi kekhawatiran dan isu yang menyebut gempa susulan di Sulbar itu akan lebih besar dan berpotensi tsunami.

Karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, tetapi jangan panik. Dia menyarankan masyarakat untuk menghindari gedung-gedung atau bangunan yang sudah runtuh, agar tidak tertimpa pada saat terjadi gempa susulan.

Rumah rusak yang terdampak akibat gempa M6,2 di Sulawesi Barat. (Istimewa)
Rumah rusak yang terdampak akibat gempa M6,2 di Sulawesi Barat. (Istimewa)

Ia juga meminta masyarakat menghindari daerah pantai. "Karena jika gempa susulan terjadi berfokus di laut, maka bisa terjadi tsunami," tandas dia.

Ia mengingatkan bahwa kalau gempa susulan terjadi, maka akan menyebabkan runtuhan di Selat Makassar, seperti yg terjadi di Palu.

Selain itu, perlu juga dihindari lereng-lereng yang terjal. Karena biasanya gempa susulan menyebabkan terjadinya tanah longsor.

Baca Juga

Bantu Korban Gempa, 2 Polda di Sulawesi Kerahkan Brimob ke Sulbar

Menurut dia, adanya banyak kemungkinan gempa susulan. Hal itu sangat tergantung dari besar magnitudo gempa dan juga kondisi geologi sekitarnya. Jadi, semakin besar magnitudonya maka aftershock biasanya akan banyak, semakin kompleks kondisi geologinya (jenis batuan dasar, struktur geologi) juga sangat berpengaruh.

"Yang jelas, masyarakat Sulbar, utamanya Majene dan Mamuju harus tetap waspada, tetapi tidak perlu panik dan meninggalkan Kota Mamuju," ujarnya. (*)

#Gempa Bumi #Gempa Tektonik
Bagikan
Bagikan