Pakar Bahasa JS Badudu Dimakamkan di TMP Cikutra

Luhung SaptoLuhung Sapto - Minggu, 13 Maret 2016
Pakar Bahasa JS Badudu Dimakamkan di TMP Cikutra
Jusuf Syarif (JS) Badudu, atau Jus Badudu (Foto Instagram)

MerahPutih Nasional - Jenazah Jusuf Syarif (JS) Badudu, atau Jus Badudu disemayamkan di rumah Jalan Bukit Dago Selatan No 27 Bandung. Menurut keterangan keluarga, Guru Besar Linguistika Universitas Padjadjaran ini akan dimakamkan hari Minggu (13/3) di TMP Cikutra, Bandung. 

Seperti beritakan sebelumnya, J.S Badudu meninggal dunia di RS Hasan Sadikin pukul 22:10 hari Sabtu (12/3). Kabar ini pertama kali tersiar melalui Instagram anak JS Badudu, Ananda Badudu. "Telah berpulang dalam damai bapak dan opa kami Jusuf Sjarif Badudu pada Sabtu 12 Maret 2016 pukul 22.10 di Rumah Sakit Hasan Sadikin pada usia 89 tahun. Beliau berpulang meninggalkan 9 cucu, 9 menantu, 23 cucu, dan 2 cicit," tulis Ananda.

JS Badudu, atau Jus Badudu, adalah pelopor EYD (Ejaan yang Disempurnakan), acuan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. J.S Badudu dikenal sebagai pembawa acara Pembinaan Bahasa Indonesia (1974-1979) TVRI. Dia menyusun buku dan kamus antara lain Pelik-pelik Bahasa Indonesia, Ejaan Bahasa Indonesia, Belajar Memahami Peribahasa, Buku Panduan Penulisan Tata Bahasa Indonesia, Kamus Ungkapan Bahasa Indonesia, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Kamus Kata-kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia, serta meneliti morfologi Bahasa Indonesia (lisan, tulis), dan puisi Indonesia.

BACA JUGA:

  1. Pakar Bahasa Indonesia JS Badudu Wafat 
  2. Selamat, Cucu Pertama Presiden Jokowi Telah Lahir
  3. Luhut Panjaitan: Pernikahan Gibran Fenomena Baru
  4. Rangkaian Prosesi Adat Jawa di Pernikahan Gibran Selvi
  5. Farhat Abbas Sebut Pernikahan Gibran dan Selvi Masuk Kategori Miskin

 

 

 

 

 

#Bahasa Indonesia #Kampus #Tokoh Nasional #J.S Badudu Meninggal
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan