Pakaian Olahraga Membantu Kenyamanan Bergerak Berolahraga harus pula memperhatikan out fit yang dipakai. (Foto: Pixabay/skeeze)

GAYA hidup sehat sudah merasuki masyarakat. Baik yang menganggap olahraga sebagai kebutuhan atau hanya sekedar rekreasi. Terlepas dari itu, sebenarnya yang tidak kalah pentingnya adalah pemilihan out fit untuk olahraga.

Out fit olahraga tidak sekedar memakai kaus saja. Ada kriteria yang tepat seperti yang disampaikan oleh Go Dok.


1. Pilih out fit yang menyerap dan mengevaporasi keringat dengan cepat

olahraga
Pakaian olahraga yang baik adalah yang breathable. (Foto: Pexels/nappy)


Pakaian olahraga harus nyaman ketika dipakai sesuai dengan kebutuhan olahraganya. Pilihan biasanya jatuh pada kaus katun yang memang nyaman ketika dipakai. Sayangnya ketika berkeringat bahan katun terasa berat. Ini karena bahan katun tidak mudah mengevaporasi keringat. Pilihlah pakaian olahraga yang breathable. Jangan memilih pakaian olahraga yang menggunakan bahan karet.


2. Jangan memakai pakaian ketat, cukup yang pas ukuran badan kamu

olahraga
Sesuaikan pakaian olahraga dengan baik agar gerakan tidak terganggu. (Foto: Pexels/Jessica Monte)


Sebaiknya kamu memilih pakaian olahraga yang sesuai dengan kebutuhan olahraga. Jangan pernah memakai pakaian yang terlalu ketat atau longgar. Ini akan menyusahkan pergerakan kamu. Kalau kamu melakukan yoga atau pilates, menggunakan bahan-bahan yang stretch akan lebih baik.


3. Sepatu olahraga diciptakan sesuai kebutuhan olahraganya

sepatu olahraga
Sepatu olahraga disesuaikan dengan kebutuhan. (Foto: Pixabay/GORBACHEVSERGEYFOTO)

Berolahraga memang harus menggunakan sepatu olahraga. Namun setiap olahraga memiliki sepatu yang berbeda. Tak mungkin melakukan permainan bulu tangkis dengan sepatu futsal. Bukannya sehat yang bisa kamu dapatkan tapi cidera. Disarankan untuk secara berkala mengganti sepatu olahraga. Jangan sampai kamu menggunakan sepatu yang sudah tidak layak pakai saat berolahraga.

Kemudian pastikan sepatu olahraga itu melindungi kaki secara menyeluruh. Mulai dari mata kaki, tumit, hingga ujung-ujung jari. Ukuran juga sangat penting jangan kebesaran atau kesempitan.

4. Cuaca dan warna sangat mempengaruhi aktivitas berolahraga

olahraga
Warna pakaian olahraga mempengaruhi kenyamanan kamu. (Foto: Pexels/Godisable Jacob)


Informasi ini sebenarnya sudah umum. Warna akan membuat nyaman kamu saat beraktivitas dengan olahraga kesukaan kamu. Pada cuaca panas, pakaian berwarna cerah akan membantu tubuh kamu tetap dingin. Begitu pula sebaliknya, pada cuaca dingin, pakaian dengan warna gelap akan menyerap cahaya dan membuat tubuh kamu tetap hangat.


5. Pakaian dalam khusus olahraga akan membuat olahraga semakin nyaman

olahraga
Pakaian dalam disesuaikan dengan kebutuhan olahraga. (Foto: Pixabay/5132824)


Buat perempuan menggunakan supportive sports bra dapat membantu melindungi dada saat berolahraga dan menjauhkan dari rasa nyeri. Cobalah beberapa sports bra untuk mengetahui ukuran yang tepat dan nyaman. Begitu pula dengan pria, pilihlah pakaian dalam yang ukurannya pas. Bukan yang terlalu ketat atau terlalu besar. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH