Pakai Skinny Jeans? Pikir Dua Kali Deh!!! Skinny jeans dapat membuat gangguan kesehatan. (Foto: thelist)

DEMI tampil kekinian dan trendi, banyak remaja maupun orang dewasa yang memilih skinny jeans sebagai fashion item favorit. Apalagi sebentar lagi Lebaran, sebaiknya beli celana baru bukan model ini.

Alasan yang paling sering didengar adalah atas nama trend. Tapi, sadarkah kamu kalau celana ketat ini berdampak buruk bagi kesehatan? Tidak percaya? Laman Go-Dok membeberkan beberapa dampak penggunaan skinny jeans bagi kesehatan yang harus kamu ketahui:

skinny jeans
Skinny jeans sebaiknya dilupakan. (Foto: thetrendspotter)


1. Infeksi saluran kemih


Bagi para pria yang sering mengenakan skinny jeans, berhati-hatilah! Sebab kamu beresiko besar terkena infeksi saluran kemih yang menyebabkan rendahnya jumlah sperma yang dihasilkan.


2. Infeksi jamur candida


Jamur candida senang hidup dan berkembangbiak di lingkungan yang lembab. Nah, penggunaan skinny jeans secara terus menerus dapat meningkatkan kelembapan kulit. Sebab bahannya yang ketat tidak dapat menyerap panas. Hasilnya? Area kelamin akan rentan terserang rasa nyeri dan gatal.


3. Infeksi folikulitis


Gesekan berulang antara bahan celana jeans dengan kulit terbukti dapat menyebabkan peradangan folikel rambut atau folikulitis dikulit yang tertutup celana. Peradangan ini terjadi akibat adanya infeksi bakteri atau jamur. Ciri utama dari infeksi folikulitis adalah tumbuhnya benjolan kecil berwarna kemerahan serta munculnya rasa gatal di sekujur kaki.

skinny jeans
Skinny jeans dapat menyebabkan kemandulan. 9Foto: businessinsider)


4. Kemandulan


Saat memakai skinny jeans terlalu lama, suhu di sekitar paha dan selangkangan akan meningkat. Hati-hati! Akibat dari meningkatnya suhu di area kelamin ternyata dapat memicu kemandulan. Lho, kok bisa? Bagi kaum pria, suhu selangkangan yang tidak ideal dapat menurunkan jumlah serta kualitas sperma. Sedangkan bagi wanita, tekanan kuat dari skinny jeans yang terus menerus digunakan akan menurunkan tingkat kesuburan.


5. Tersumbatnya sirkulasi darah


Kebiasaan menggunakan celana jeans ketat dapat menyebabkan sirkulasi darah di area paha, selangkangan, dan organ intim terhambat. Jangan anggap sepele, lho! Karena jika dibiarkan terus berlanjut, hal ini dapat menyebabkan varises hingga pembengkakan di area kaki.

Tentunya Anda tidak ingin hal-hal di atas terjadi, bukan? Karenanya, bijaklah dalam memilih pakaian serta mulailah kurangi frekuensi pemakaian celana jeans yang terlampau ketat sesegera mungkin! (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH