Pakai Masker Demi Kesehatan Orang Lain Pakai masker walau merasa sehat (Foto: Pexels/cottonbro)

MASIH malas menggunakan masker di tengah pandemi? Tandanya kamu egois. Mungkin kamu merasa sehat atau tidak takut dengan COVID-19. Namun, kamu tidak pernah bisa menjamin apakah tubuh kamu itu bebas dari COVID-19.

Dalam situs resminya WHO benar-benar menyarankan agar kamu menggunakan masker untuk menghindari COVID-19. Apalagi kalau kamu tengah menangani atau dekat dengan pasien yang terinfeksi virus tersebut.

Baca juga:

Masker N95 vs Surgical Mask, Mana Lebih Efektif Cegah Penularan Virus Corona?

"Jika Anda sehat, Anda tidak perlu memakai masker, kecuali jika Anda merawat orang yang dicurigai terinfeksi COVID-19," tulis WHO dalam laman resminya.

Memang, WHO pernah membuat prosedur jika kamu sehat tidak perlu menggunakan masker. Tapi apakah kamu benar-benar bisa menjamin tubuh kamu 100 persen terbebas dari virus Corona?

Bisa saja kamu carrier (Foto: Pexels/cottonbro)

Masalahnya sekarang bisa saja kamu terinfeksi virus Corona tapi tidak menunjukkan gejala. Itu disebut dengan carrier. Artinya kamu membawa virus Corona dalam tubuh kamu dalam keadaan sehat. Kamu bisa menularkan virus tersebut ke siapa saja, baik itu keluarga maupun teman.

Baca juga:

Ketahui Fakta-Fakta Virus Corona

"Mengingat cepatnya penyebaran COVID-19, tampaknya masuk akal bahwa orang-orang yang tidak menunjukkan gejala atau sedikit gejala dapat memainkan peran dalam menyebarkan virus," papar Nate Favini, MD, pemimpin medis di Forward sebagaimana dilansir dari Health.

CNN bahkan melaporkan pada bulan Mei, CDC telah memodelkan efek penyebaran asimptomatik (penyakit tanpa gejala) terhadap virus Corona.

Selalu pakai masker di tengah pandemi (Foto: Pexels/cottonbro)

Berdasarkan asumsi saat ini, CDC memperkirakan 35 persen infeksi COVID-19 tidak menunjukkan gejala. Sementara 40 persen penularan terjadi sebelum orang mengalami gejala.

Jadi bisa terbayangkan oleh kamu, betapa pentingnya menggunakan masker. Terlebih jika kondisi kamu tidak sehat, menggunakan masker sangat wajib. "Kenakan masker jika Anda batuk atau bersin," tulis WHO lagi.

Intinya meskipun kamu merasa sangat sehat tetap pakai masker. Selalu ingat, kamu menggunakan masker demi kesehatan orang lain, bukan untukmu saja. (ikh)

Baca juga:

Gara-gara Virus Corona, Disneyland Hong Kong Ditutup

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH