Kuliner

Pakai lagi Sisa Bahan Masakan

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 31 Oktober 2021
Pakai lagi Sisa Bahan Masakan
Bahan sisa masakan seringkali terbuang begitu saja. (Foto_ Pixabay_ LauraTara)

SISA bahan masakan, seperti batang sayur yang keras, kulit bawang, kulit buah, atau tulang sapi, kerap kali dibuang begitu saja. Kamu pasti menganggap sisa bahan masakan tersebut memang tidak bisa digunakan kembali. Padahal, beberapa bahan sisa masakan yang berasal dari tumbuhan maupun hewani bisa menjadi kunci utama penambah cita rasa. Kabarnya, rahasia dapur para koki terkenal ialah menggunakan bahan sisa masakan sebagai penyedap rasa alami.

Menurut Moveforhunger.org, bahan sisa masakan yang terbuang justru menyumbang lebih banyak efek gas rumah kaca. Limbah makanan yang masih layak digunakan memenuhi tempat pembuangan akhir dan menciptakan gas berbahaya bagi lingkungan sekitarnya. Daripada kamu membuang bahan sisa masakan, coba deh contek trik di bawah ini agar bisa memanfaatkan bahan-bahan masakan yang ada di rumah secara maksimal.

BACA JUGA:

4 Resep Camilan Unik Berbahan Apel, Ada Permen Jadul Juga

1. Kaldu tulang

kaldu daging
Menggunakan tulang sebagai bahan dasar kaldu sup. (Foto_ Pixabay_ gahinggahing)

Hari ini kamu masak sup daging? Entah itu sup daging sapi atau ayam, biasanya sih tulang-tulang yang tersisa dipanci akan langsung mendarat di tempat sampah. Jika kamu ingin sedikit kreatif, tulang dari sapi dan ayam sebaiknya dipisahkan terlebih dahulu setelah selesai memasak sup. Kemudian rebus kembali tulang-tulang tersebut menggunakan air bersih. Kamu akan mendapatkan persediaan kaldu yang kaya akan nutrisi dan bagus untuk kesehatan tubuh.

2. Manisan kulit buah

kulit buah jeruk
Membuat camilan enak dari sisa kulit buah. (Foto_ Pixabay_ tamanna_rumee)

Kulit buah memang seringkali terbuang sia-sia karena dianggap tidak bisa digunakan kembali. Padahal kamu bisa membuat camilan yang sehat dan murah meriah hanya dengan mengolah kembali kulit buah yang tersisa. Salah satu camilan enak yang bisa kamu masak dengan mudah adalah manisan kulit buah. Rebus kulit buah-buahan dengan menggunakan gula dan air. Setelah itu angkat dan tiriskan di piring. Kamu bisa menambahkan taburan gula di atasan manisan yang sudah dingin. Manisan kulit buah pun siap untuk disantap.

3. Keripik batang sayur

camilan
Keripik dari batang sayur menjadi camilan yang sehat. (Foto_ Pixabay_ photosforyou)

Kata siapa batang-batang sayur tidak enak untuk dikonsumsi? Dijamin deh kamu akan semakin jarang membeli ciki yang tidak sehat setelah menemukan resep tepat untuk mengolah sisa batang sayuran. Ternyata batang sayur bisa diolah menjadi keripik yang sehat dan cocok dikonsumsi setiap hari. Cukup bersihkan batang sayur sisa kemudian bumbui dengan garam dan penyedap rasa sesuai selera. Setelah itu kamu bisa membalurnya dengan tepung dan goreng di minyak panas. Jika ingin mengurangi konsumsi minyak, kamu bisa langsung memanggangnya di dalam oven setelah dibumbui.

4. Menanam sayuran sisa

sayuran
Menanam kembali akar dari sayuran sisa. (Foto_ Pixabay_ Couleur)

Akar dari sayuran dan rempah yang selama ini terbuang sia-sia sebenarnya bisa kamu tanam kembali. Ada berbagai teknik yang bisa kamu gunakan dalam menanam kembali sisa bahan masakan yang masih layak untuk dikonsumsi. Selain mengurangi limbah sisa makanan, kamu juga bisa menghemat uang belanja dengan menanam kembali bahan-bahan masakan yang kamu beli di pasar.

5. Kaldu sayur

kaldu sayur
Membuat persediaan kaldu dari sisa sayur-sayuran. (Foto_ Pixabay_ bluebirdprovisions)

Jangan pernah membuang sisa sayur dan kulit bawang. Sisa bahan tersebut bisa diolah kembali menjadi kaldu sayur yang kaya akan nutrisi dan penambah cita rasa masakan. Cukup rebus sisa sayur dan kulit bawang dengan air bersih. Kamu juga bisa menambahkan garam atau gula sesuai selera. Simpan persediaan kaldu sayur di kulkas kemudian gunakan kembali sebagai bahan pelengkap masakan

6. Pengharum ruangan ampas kopi

kopi
Menggunakan ampas kopi sebagai pengharum ruangan. (Foto_ Pixabay_ Free-Photos)

Para pecinta kopi mari merapat! Jangan merasa bersalah jika setiap hari kamu harus membuang ampas kopi. Kamu bisa memanfaatkan kembali ampas kopi yang berlebihan dengan memasukannya ke toples kosong dan letakkan di setiap sudut ruangan. Kopi seringkali diolah menjadi pengharum ruangan yang ampuh membasmi bau tak sedap.(Mar)

#Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan