Fashion

Pakai Kebaya Tapi Tetap Stylist? Begini Caranya

Muchammad YaniMuchammad Yani - Minggu, 07 Oktober 2018
Pakai Kebaya Tapi Tetap Stylist? Begini Caranya
Kebaya bisa menjadi terlihat modern (Foto: Official Jakarta Fashion Week)

KEBAYA merupakan blus tradisional yang biasa digunakan oleh wanita di berbagai kesempatan, misalnya pernikahan, lamaran hingga wisuda. Busana ini dapat ditemui di hampir seluruh pelosok Indonesia. Meskipun digunakan oleh wanita Indonesia di semua daerah, kebaya memiliki desain dan jenis yang beragam. Mulai dari kebaya kutubaru, kebaya kurung, kebaya encim dan lain-lain.

Perkembangan zaman membuat desain kebaya turut bertransformasi. Di tangan desainer-desainer terbaik tanah air, kebaya tak lagi nampak konvensional dan ketinggalan zaman. Sebaliknya pakaian ini terlihat stylish dan berkelas. Para desainer selalu menghadirkan kebaya di panggung pagelaran busana. Berikut kebaya modern yang bisa menjadi inspirasimu:

1. Kebaya Kutubaru Bertekstur

Kebaya rancangan BINHouse dengan tekstur dan motif unik membuat kebaya terlihat modern (Sumber: Official Jakarta Fashion Week)
Kebaya rancangan BINHouse dengan tekstur dan motif unik membuat kebaya terlihat modern (Foto: Official Jakarta Fashion Week)

Kebaya kutubaru memiliki potongan yang tampak klasik. Kita mungkin akan kesulitan untuk memodifikasi kebaya kutubaru agar terlihat stylish dan berbeda. Tapi bukan berarti hal itu tak bisa. Pilihlah kain bertekstur untuk dijadikan kebaya kutubaru. Permainan motif dan tekstur dapat membuat kebaya terlihat modern. Kita tetap bisa mempertahankan ciri khas kutubaru namun terlihat elegan.

2. Kebaya Berwarna Cerah

Dengan warna cerah dan motif bunga yang unik, koleksi Batik Chic mampu mengubah citra Kebaya yang kuno (Sumber: Official Jakarta Fashion Week)
Dengan warna cerah dan motif bunga yang unik, koleksi Batik Chic mampu mengubah citra Kebaya yang kuno (Foto: Official Jakarta Fashion Week)

Pemilihan warna kain yang tepat dapat membuat penampilan kebayamu segar dan kekinian. Kita bisa bereksperimen dengan penggunaan kebaya berwarna cerah. Tambahkan juga motif bunga-bunga berukuran besar agar kebaya terlihat stunning. Koleksi milik Batik Chic ini bisa menjadi inspirasi.

3. Kebaya dan Sneakers

Kebaya dan sneakers? kenapa tidak (Sumber: Official Jakarta Fashion Week)
Kebaya dan sneakers? kenapa tidak (Foto: Official Jakarta Fashion Week)

Kebaya identik dengan keanggunan wanita Indonesia. Banyak wanita yang menginterpretasikan keanggunan tersebut dengan selalu menggunakan sepatu berhak. Padahal, kebaya juga bisa dipadupadankan dengan sneakers loh. Kombinasi kebaya dan sneakers membuat penampilan kita terlihat playful dan sedikit maskulin. Misalnya, kebaya yang didesain oleh BINHouse menampilkan kebaya berwarna biru elektrik dan memadupadankannya dengan sepatu sneakers berwarna putih. (avia)

#Kebaya #Kebaya Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan