Pak Polisi, Jangan Sisakan Pelaku Pengeroyokan The Jakmania

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 24 September 2018
Pak Polisi, Jangan Sisakan Pelaku Pengeroyokan The Jakmania
Suasan rumah duka, Haringga Sirila di Jl Bangunusa, Cengkareng Jakarta Barat minggu (23/9) malam (@thejakmania.1928)

Merahputih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau kepada suporter Persija Jakarta, The Jakmania untuk menyerahkan sepenuhnya permasalahan kematian Haringga Sirila yang tewas dikeroyok oknum Bobotoh sebelum pertandingan Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) kepada aparat penegak hukum.

"Kepada The Jakmania Meskipun berduka, marah, kecewa mari tunjukkan bahwa pendukung Persija adalah orang-orang yang menjunjung tinggi supremasi hukum. Menghargai prinsip-prinsip penegakan hukum," ujar Anies di Silang Monas, senin (24/9).

Anies berharap penegak hukum bersikap tegas kepada pelaku pengeroyokan terhaddap Sirila. "Kita mengharapkan untuk ditindak dengan tegas, dan semua pelakunya jangan ada yang tersisa. Semua pelakunya harus diperiksa dan ada keadilan ditegakkan," ucapnya.

Anies sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil semalam. Namun koordinasi itu akan kembali dilanjutkan hari ini. "Tadi malam coba untuk berhubungan tapi beliau sudah istirahat, malam. Mungkin pagi ini kita komunikasi, tapi sebetulnya ini adalah tindakan pidana. Tindak pidana bukan dengan pemda. Tindak pidana dengan aparat penegak hukum," beber Anies.

Ismed Sofyan
Almarhum Harringa Sirilia, suporter Persija yang meninggal dikeroyok di Stadion GLBA. Foto: instgram @jktinfo

Haringga Sirila (23) meninggal dengan kondisi mengenaskan sebelum menyaksikan pertandingan Persib Vs Persija di GBLA, minggu (23/9). Sirilla diketahui merupakan seorang suporter Persija Jakarta yang datang ke GBLA. Sebelum pertandingan tepatya pukul 13.00 WIB, Sirila hendak masuk ke dalam stadion namun diketahui oleh para bobotoh bahwa yang bersangkutan berasal dari Jakarta.

Mengetahui itu, sejumlah oknum Bobotoh jadi beringas dan tak terkenadil. Sebelum diamuk Bobotoh, Sirila sempat menyelamatkan diri dan berlari ke arah tukang bakso di luar Stadion GBLA. Namun, ia ditarik lalu dikeroyok hingga tak berdaya.

Bahkan, dalam rekaman video yang tersebar di media sosial, korban dianiaya secara sadis menggunakan kayu piring dan benda-benda lainnya. Lebih sadisnya, saat korban sudah tak berdaya dan berlumuran darah, korban masih saja dihantam dan diseret oleh para oknum bobotoh.

Jasad korban lalu dibawa polisi ke rumah sakit Sartika Asih, Bandung untuk dilakukan autopsi.

Usai kejadian, Anies lansung mengucapkan belasungkawa lewat akun instagramnya. "Kabar meninggalnya anak muda selalu menyesakkan. Hari ini jadi hari duka cita yang amat dalam. Marah, duka dan kecewa! Kekerasan itu menyesakkan. #RIPHaringga #JakmaniaBerduka *ABW," tulis @aniesbaswedan.

"Seorang anak muda, Haringga Sirila, berangkat jauh untuk mendukung kesebelasan kesayangannya @Persija_Jkt justru jadi korban pengeroyokan dan berujung pada kematian. *ABW," sambungnya.

Lihat postingan ini di Instagram

Kabar meninggalnya anak muda selalu menyesakkan. Hari ini jadi hari duka cita yang amat dalam. Marah, duka dan kecewa! Kekerasan itu menyesakkan. . Seorang anak muda, Haringga Sirila, berangkat jauh untuk mendukung kesebelasan kesayangannya @persijajkt justru jadi korban pengeroyokan dan berujung pada kematian. . Turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada keluarga yg ditinggalkan, juga kepada keluarga besar Jakmania. Semoga amal ibadah almarhum diterima oleh Allah, serta diampuni segala dosanya. . Malam ini saya telah berkomunikasi dengan manajemen Persija. Saat ini mereka sedang dalam perjalanan menuju ke Bandung untuk mengurus pemulangan jenazah. Juga telah berkomunikasi dengan pengurus The Jakmania yang juga dalam perjalanan menuju Bandung bersama keluarga almarhum. Pemprov DKI akan siapkan semua dukungan yg diperlukan untuk memastikan semua pengurusan berjalan dengan cepat dan tuntas. . Saudara-saudara semua, kita memang berduka, kita marah, tapi mari kita tunjukan bahwa kita beradab, kita menjunjung tinggi hukum. . Kita dukung penyelidikan penuh dan penindakan tegas di jalur hukum. Untuk itu kami minta seluruh Jakmania tetap tenang, kita tunjukkan kita adalah pendukung yang bermartabat. . Kita percayakan penyelesaian oleh aparat penegak hukum dan pengadilan terhadap para pelaku untuk mempertanggungjawabkan tindakannya di muka hukum. . Sekali lagi, kita semua turut berduka dan mari kita doakan almarhum, bantu tabahkan keluarga, dukung polisi menuntaskan penyelidikan, serta tetap jaga ketenangan dan kondusivitas. Terima kasih. . *ABW

Sebuah kiriman dibagikan oleh Anies Baswedan (@aniesbaswedan) pada

Tak hanya Anies, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga bereaksi atas aksi tak manusiawi oknum bobotoh. "Saya sangat berduka cita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirilla, warga Cengkareng tadi siang. Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yg di dapat dgn susah payah," tulis kang Emil lewat akun resminya @ridwankamil.

"Bagaimanapun, dalam situasi seperti ini, secara kemanusiaan, saya pribadi memohon maaf kepada keluarga korban dan rekan2 The Jak Persija," sambungnya.

Lihat postingan ini di Instagram

Saya sangat berduka cita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirilla, warga Cengkareng tadi siang. Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yg di dapat dgn susah payah. ______ Bagaimanapun, dalam situasi seperti ini, secara kemanusiaan, saya pribadi memohon maaf kepada keluarga korban dan rekan2 The Jak Persija. _______ Saya sudah meminta kepolisian untuk menangkap dan menghukum seberat-beratnya kepada oknum biadab yang terlibat. 5 tersangka sudah ditangkap dan ditahan di Polrestabes Bandung. ________ Semoga peristiwa ini menjadi pembelajaran untuk kita semua untuk tidak melakukan fanatisme berlebihan, karena merah putih dan Indonesia Raya kita masih sama. _______ Bagi saya lebih baik tidak ada liga sepakbola jika harus mengorbankan nyawa manusia. Hapunten.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ridwan Kamil (@ridwankamil) pada

Emil menyatakan telah meminta polisi untuk mengusut kasus ini. Menurutnya, ada 5 orang yang sudah diamankan pihak kepolisian. Saya sudah meminta kepolisian untuk menangkap dan menghukum seberat-beratnya kepada oknum biadab yang terlibat. 5 tersangka sudah ditangkap dan ditahan di Polrestabes Bandung," ujarnya.

"Bagi saya lebih baik tidak ada liga sepakbola jika harus mengorbankan nyawa manusia. Hapunten," pungkasnya. (asp)

#Persija Vs Persib #Persib
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan