Pahlawan Lokal Tak Kalah Hebat dengan Superhero Luar Negeri Perbandingan Pahlawan Lokal dan Luar Negeri (Foto: Instagram @timobros)

MELIHAT pahlawan luar negeri seperti Iron Man ataupun Captain America di seri film Avengers memang keren banget sih, berbagai aksi dipadu teknologi dan kekuatan dewa menjadikan film diminati oleh banyak kalangan. Eits, Tunggu dulu! Beberapa pahlawan lokal yang sudah sering didengar ceritanya ternyata memiliki kesamaan dalam prinsip dengan pahlawan luar negeri yang biasa kamu tonton di layar lebar lho.

Dari pahlawan tuna netra yang jago bertarung, hingga pahlawan yang memiliki badan sekuat baja mampu membuat takjub para pembaca komik ataupun penikmat filmnya sejak dulu. Berikut perbandingan lima pahlawan (beberapa di antaranya fiktif) lokal yang memiliki kesamaan dengan pahlawan luar negeri, tentu dengan wujud dan latar belakang cerita berbeda.

Baca juga:

Deretan Film Lokal Bertema Perjuangan untuk Ditonton di Hari Pahlawan

1. Arjuna dengan Rambo

Pahlawan Lokal Arjuna dengan Rambo
Arjuna dengan Rambo (Foto: Tallenge Store, Mental Floss)

Arjuna memiliki kekuatan sakti yang membuat dirinya patut ditakuti oleh musuh yang ingin menyerang. Seperti membuat dirinya bisa menghilang (panglimunan), berjalan tanpa membuat jejak (sepiangin), bisa mengontrol makhluk seperti binatang dan tumbuhan (pengasihan), dan membuat kekuatannya lebih kuat ketika memasuki medan perang (asmaratantra). Ia juga bisa melayang sehingga musuh tak bisa melawannya dari darat (lahima).

Di sisi lain, Rambo memiliki kegigihan dan kekuatan yang serupa dengan satu pasukan, kekuatannya yang ia bangun sejak umurnya yang ke-18 tahun membuat dirinya patut ditakuti oleh musuhnya. Mulai dari penguasaan dalam menggunakan senjata api maupun senjata tajam, hingga kekuatannya bertahan hidup dalam peperangan membuat Rambo tak takut akan ancaman. Bahkan Rambo bisa menghajar puluhan musuh hanya menggunakan pisau andalannya.

Meskipun berbeda, tetapi Arjuna dan Rambo memiliki kesamaan yang serupa, yakni tidak pernah kalah apalagi menyerah dalam pertempuran.

2. Pitung dengan Robin Hood

Pahlawan Lokal Pitung dengan Robin Hood
Pitung dengan Robin Hood (Foto: Twitter @humaniora, Visit Nottinghamshire)

Sebagai pendekar asal Betawi, Pitung memiliki penguasaan dalam ahli bela diri Pencak Silat, kekuatan bela dirinya tersebut membuat kewalahan pasukan Belanda kala itu, bahkan prajurit Belanda takut ketika diperintahkan untuk menangkap Pitung. Konon katanya, Pitung juga bisa tetap bangkit walau badannya tertembus oleh peluru.

Sedangkan Robin Hood memiliki kelincahan dan kemampuannya dalam memanah dan mengayunkan pedang, Robin Hood juga mampu dalam mengendap sehingga motifnya tidak diketahui oleh prajurit kerajaan.

Selain kemampuan Pitung dan Robin Hood dalam berperang, motif mereka berdua ternyata memiliki kesamaan. Yakni untuk mengambil harta pemerinta yang berkuasa demi dibagikan pada rakyat miskin. Pahlawan yang model gini patut diacungi jempol.

3. Gatotkaca dengan Superman

Pahlawan Lokal Gatotkaca dengan Superman
Gatotkaca dengan Superman (Foto: Moonton, Arena of Valor)

Sebagai pahlawan Mahabarata berotot kawat dan bertulang besi, Gatotkaca memiliki kekuatan dalam bertahan hidup dan melawan musuh yang mengancam rakyatnya. Seperti halnya kebal terhadap ilmu sihir (Narantaka), tahan terhadap panas dan juga dingin (Basunanda), pukulan yang kuat sehingga sekali pukul saja bisa meratakan sepuluh gunung (Brajamusti), dan juga baju zirah Gatotkaca yang bisa membuat dirinya terbang (Antakusuma).

Sedangkan pahlawan asal Krypton, Superman, memiliki kekuatan yang terbilang setara dengan Gatotkaca. Dimulai dari kekuatan super yang bisa memukul musuhnya, kebal terhadap serangan, dapat berlari secepat kilat, dan juga dapat mengeluarkan laser di mata dan dapat meniup badai es. Kemiripan Gatot Kaca dan Superman adalah kekebalan tubuhnya yang tidak bisa diserang oleh apapun.

Baca juga:

Tak Perlu Kekuatan Super untuk Jadi Seorang Pahlawan

4. Si Buta dari Gua Hantu dengan Daredevil

Pahlawan Lokal Si Buta dari Gua Hantu
Si Buta dari Gua Hantu dengan Daredevil (Foto: Bumi Langit, Smush)

Kekuatan dari Si Buta dari Gua Hantu adalah kemampuan dalam bela diri menggunakan tongkat ataupun pedang. Bahkan ia memiliki ilmu membedakan suara, ilmu tersebut sangatlah penting, seperti diketahui bahwa Si Buta dari Gua Hantu mengorbankan penglihatannya.

Sedangkan Matt Murdock alias Daredevil, ia memiliki kemampuan super dalam indera lainnya, sehingga Daredevil dapat merasakan ancaman musuh dari jarak yang cukup jauh. Walaupun ia tidak dapat melihat, tetapi Daredevil mampu untuk melihat tulisan hanya dengan memanfaatkan indera yang ia punya, dan juga ia mampu untuk mendeteksi detak jantung orang di sekitarnya.

Meskipun Si Buta dari Gua Hantu dan Daredevil memiliki keterbatasan dalam penglihatannya, tetapi kekuatannya ternyata tidak bisa dianggap remeh. Ketika indera pengelihatan mereka hilang, kemampuan keempat indera lainnya jadi menguat.

5. Cut Nyak Dien dengan Wonder Woman

Pahlawan Lokal Cut Nyak Dien
Cut Nyak Dien dengan Wonder Woman (Foto: Aksi, NME)

Sebagai salah satu pemimpin asal Aceh, Cut Nyak Dien mampu melawan pasukan Belanda bersama dengan suaminya Teuku Ibrahim Lamnga di barisan depan. Meskipun senjata yang pasukan Belanda gunakan lebih lengkap, tetapi Cut Nyak Dien mampu untuk merencanakan strategi perang guna menumbangkan prajurit Belanda.

Sedangkan Diana of Themyscira diberakti oleh para dewa untuk menanggulangi ancaman yang menyerang Amazon. Wonder Woman juga memiliki perlengkapan super seperti Lasso of Truth dan juga kostum yang membuat dirinya kebal akan peluru. Selain menjaga Amazon, Wonder Woman juga mampu untuk menjaga dunia bersama dengan Justice League.

Gender tak membuat Cut Nyak Dien dan Wonder Woman berhenti untuk bertempur menjaga daerahnya dari ancaman. (dnz)

Baca juga:

Hari Pahlawan Bukan Merayakan Tokoh



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH