Pahlawan Kekinian Menurut Ketua KPK Ketua KPK Agus Rahardjo (ANTARA/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Bangsa Indonesia hari ini memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November. Tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini sangat berbeda dengan situasi masa silam yang harus melawan penjajah.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan sosok pahlawan masa kini ialah orang-orang yang berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan di Indonesia.

"Menurut saya pahlawan hari ini adalah orang-orang yang berjuang untuk mengatasi permasalahan-permasalahan besar yang sedang dihadapi bangsa Indonesia," ujar Agus di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11).

Menurutnya masih banyak permasalahan-permasalahan besar yang menjadi tugas bersama dari seluruh elemen bangsa ini. Misalnya, ‎faktor kemiskinan, kesenjangan sosial ‎dan ketidakadilan baik dalam kesejahteraan, informasi, layanan pendidikan, layanan kesehatan, layanan perizinan, pengadilan, monopoli, dan lainnya.

Termasuk, semakin masifnya praktek kejahatan ekstra ordinary crime seperti Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN), peredaran narkoba‎ dan radikalisme.

Oleh karena itu, momen Hari Pahlawan ini dimaknai untuk menghayati pengorbanan para leluhur bangsa ini yang telah rela berkorban demi Indonesia.

Agus pun mengajak seluruh elemen bangsa untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita dari para pahlawan negeri ini. Tentunya, bukan dengan cara berperang seperti yang dilakukan saat masa kemerdekaan. Melainkan dengan bekerja di bidang keahlian masing untuk mengatasi permasalahan-permasalahan bangsa ini.‎

"Bekerja dengan keras dan bekerja dengan mengedepankan integritas yang tinggi, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dibandingkan kepentingan pribadi," pungkasnya. (Pon)

Baca juga berita lainnya terkait Hari Pahlawan di: Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH