Pahit Tapi Manis Manfaatnya Mengandung gizi yang tinggi. (Foto: Pexels/Negative Space)

TAK ada yang mau makanan atau minuman yang terasa pahit di lidah. Ada minuman dan makanan yang memang terasa pahit tapi memberikan manfaat kesehatan yang luas. Bahkan mengandung gizi yang tinggi dan berbagai bahan kimia nabati yang kaya akan manfaat kesehatan.

Tak hanya itu manfaat lainnya mampu menekan risiko terserangnya berbagai macam penyakit. Seperti kanker, penyakit jantung, diabetes dan sebagainya. Berikut beberapa jenis makanan pahit yang baik untuk kesehatan kamu yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:

Pola Makan yang Tepat bagi Penyintas Kanker Ketika Kemoterapi

Pare

makanan
Menekan pertumbuhan berbagai jenis kanker. (Foto: Unsplash/Lothar Bodingbauer)

Memiliki bentuk bergelombang, mirip mentimun dengan rasanya yang sangat pahit. Pare mengandung phytochemical seperti triterpenoid, polifenol dan flavonoid yang telah terbukti memperlambat pertumbuhan berbagai jenis kanker. Juga digunakan sebagai pengobatan alami untuk membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.


Sayuran

makanan
Mengandung senyawa glukosinolat. (Foto: Pexels/Buenosia Carol)

Jenis makanan ini mengandung senyawa yang disebut glukosinolat, yang membuatnya terasa pahit tapi memiliki banyak manfaat kesehatan. Sayuran silangan seperti brokoli dan kubis mengandung senyawa pencegah kanker yang kuat dan dapat meningkatkan kemampuan hati untuk memproses racun.


Biji cokelat

makanan
Cocok untuk diet. (Foto: Pexels/Roman Koval)


Bubuk kakao terbuat dari biji tanaman kakao dan rasanya sangat pahit jika tanpa olahan pemanis. Penelitian menemukan bahwa orang yang makan cokelat setidaknya 5 kali per minggu memiliki risiko penyakit jantung 56% lebih rendah. Bubuk kakao tanpa pemanis, biji kakao, dan cokelat hitam mengandung jumlah antioksidan tertinggi dan paling sedikit gula. Oleh karena itu, mereka cocok menjadi makanan tambahan sehat untuk diet dan juga dikonsumsi secara teratur dapat melindungi dari penyakit jantung karena mengandung polifenol, antioksidan dan mineral.

Baca Juga:

Yuk Pakai Lidah Buaya, Ada Banyak Manfaatnya

Kopi

makanan
Mengurangi risiko kematian. (Foto: Pexels/Dominika Roseday)


Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia dan sumber antioksidan utama. Seperti kebanyakan makanan pahit, kopi adalah sumber antioksidan dan polifenol yang kaya. Minum 3-4 cangkir per hari dapat mengurangi risiko kematian, penyakit jantung, diabetes, dan gangguan neurologis.


Teh hijau

makanan
Memiliki rasa pahit alami. (Foto: Pexels/Allie Smith)


Adalah minuman populer yang dikonsumsi di seluruh dunia. Teh hijau memiliki rasa pahit alami karena kandungan katekin dan polifenolnya yang bermanfaat untuk kesehatan untuk melindungi tubuh dari penyakit kanker dan penyakit jantung.. Katekin yang paling terkenal ini disebut epigallocatechin gallate, atau EGCG. Disaranakan untuk memilih teh hijau daripada varietas hitam atau putih untuk dosis antioksidan maksimum.


Anggur merah

makanan
Mengurangi oksidasi kolesterol. (Foto: Pexels/Gareth Davies)


Mengandung dua jenis utama polifenol proanthocyanidins dan tannin yang menghasilkan warna yang mendalam dan rasa pahit. Kombinasi alkohol dan polifenol ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi oksidasi kolesterol, mengurangi pembekuan darah dan memperluas pembuluh darah. Satu studi kecil menemukan bahwa minum dua gelas anggur merah setiap hari selama satu bulan meningkatkan jumlah bakteri usus sehat.Manfaat lain dari minum anggur merah termasuk umur panjang dan risiko diabetes dan osteoporosis yang lebih rendah. (lgi)

Baca Juga:

Camilan Sehat untuk Mengganti Sarapanmu

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH