Pahamilah Kondisi Jantung Kamu Memahami gejala-gejala penyakit jantung. (Foto: Pexels/Pixabay)

BERBAGAI sumber medis mengungkapkan tanda-tanda serangan jantung mulai dari yang ringan sampai yang berat. Seperti yang kerap orang tahu adalah nyeri atau sesak pada bagian dada

Sebenarnya bukan hanya itu tana-tanda yang dapat kamu ketahui bahwa jantung kamu memiliki masalah. Penyebab utama terjadinya serangan jantung adalah tersumbatnya pembuluh darah utama yang masuk ke jantung (pembuluh koroner), ini yang kemudian disebut sebagai penyakit jantung koroner.

Ada empat petunjuk tersembunyi yang bisa jadi kamu mengalami gangguan pada jantung. Apabila kamu mengalami dua atau lebih gejala secara bersamaan. Sebaiknya kamu segera untuk pergi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih lanjut.

1. Kelelahan yang luar biasa

cemas
Badan yang tiba-tiba merasa sangat lelah. (Foto: Pexels/Kha Ruxury)


Jika kamu merasa sangat letih di luar kebiasaan secara tiba-tiba merupakan sinyal lemahnya ventrikel bagian kiri. Bagian ini merupakan otot jatung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Bila mengalami hal ini lebih baik menemui dokter untuk memeriksakan kondisi kamu lebih lanjut.

2. Rasa cemas yang berlebihan

cemas
Tidak dalam kondisi stres namun merasa sangat cemas. (Foto: Pexels/its me neosiam)

Para pakar mengatakan, sebaiknya lebih memperhatikan soal hubungan kecemasan dan risiko penyakit jantung. Kecemasan bisa menjadi gelaja serangan jantung. Seperti rasa berdebar pada bagian dada, saluran nafas yang terasa menyempit dan jantung yang berdegub kencang. Padahal kondisi yang ada saat itu bukan dalam stres.


3. Banyak keringat

keringat
Berkeringat padahal tidak dalam suhu panas atau berolahraga. (Foto: Pexels/rawpixelcom)


Hati-hati bila kamu berkeringat cukup banyak dan sering, merupakan tanda jantung kamu dalam kondisi yang tidak baik. Padahal kamu tidak sedang berolahraga atau dalam kondisi suhu panas.

4. Pembengkakan tubuh

bengkak
Perhatikan terjadinya pembengkakan. (Foto: Pexels/Buenosia Carol)


Hati-hati jika bagian tubuh perut dan pergelangan kaki tiba-tiba mengalami pembengkakan. Pembengkakan ini terjadi karena penumpukan cairan pada tubuh. Segeralah periksa ke dokter! (gsl)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH