Relasi
Pahami dan Kenali Karakterisik Pelaku Ghosting Sebelum Jadi Korban Pengalaman ghosting menimbulkan dampak psikologis yang berat pada orang yang ditinggalkan. (Foto: Pexels/cottonbro)

TIDAK ada cara yang baik untuk mengakhiri suatu hubungan. Bagaimanapun, penelitian psikologis menunjukkan bahwa beberapa strategi pemutusan hubungan percintaan lebih menyakitkan daripada yang lain.

Sebuah studi baru-baru ini oleh para peneliti di California Polytechnic State University, meneliti fenomena yang muncul dari ghosting, strategi pemutusan hubungan yang tiba-tiba dan tidak langsung yang melibatkan penghentian total komunikasi dari satu pihak dalam hubungan.

Para peneliti menemukan bahwa pengalaman ghosting menimbulkan dampak psikologis yang berat pada orang yang ditinggalkan, membuat mereka enggan memulai hubungan romantis baru karena ketidakpastian yang ditimbulkan oleh pengalaman tersebut.

“Dengan perkembangan teknologi yang terus meningkat saat ini, kita memiliki akses yang hampir tidak terbatas ke jumlah orang yang juga tidak terbatas. Ini membuat pasangan potensial dengan mudah tergantikan dan tukang ghosting jadi memiliki tingkat keamanan dan anonimitas tertentu,” kata Katherine Holmes, penulis utama makalah tersebut.

Berbicara tentang inspirasinya untuk penelitian ini, Holmes berbagi, “Kami terinspirasi untuk mempelajari ghosting tidak hanya oleh pengalaman pribadi kami dengannya dan relevansinya yang meningkat untuk semua kelompok umur, tetapi kemungkinan efeknya pada orang muda dan kualitas hubungan masa depan mereka dan pengalaman berkencan.”

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengalaman tersebut, penulis melakukan wawancara dengan 21 orang dewasa muda yang pernah menjadi korban ghosting.

Baca juga:

Si Jagoan Ghosting Bikin Hati Doi Terpotek-potek

Definisi ghosting

Pahami dan Kenali Karakterisik Pelaku Ghosting Sebelum Jadi Korban
"Apakah saya melakukan sesuatu yang salah?" adalah pertanyaan yang menghantui dan traumatis. (Foto: Unsplash/Rendy Novantino)

Mereka mengidentifikasi empat tema besar yang mendefinisikan pengalaman menjadi ghosting:

Kebingungan: Banyak korban ghosting merasa bingung ketika mereka berjuang untuk memahami siapa yang bertanggung jawab atas putusnya hubungan.

Mereka mengalami tarik ulur mental di mana mereka mencoba menemukan jawaban atas pertanyaan 'mengapa' dan, kadang-kadang, akhirnya mendevaluasi diri mereka sendiri dalam proses tersebut. "Apakah saya melakukan sesuatu yang salah?" adalah pertanyaan yang menghantui dan menjadikannya pengalaman traumatis.

Pembenaran: Tukang ghosting mencoba mencari pembenaran mengapa hubungan itu berakhir. Meskipun hal itu bersifat melindungi diri sendiri, perilaku itu dapat mencegah mereka berduka karena kehilangan pasangan potensial. Perasaan mereka yang sebenarnya, seperti kekecewaan dan kesedihan, ditekan.

Menghindari kerentanan di masa depan: Mungkin konsekuensi paling menjengkelkan dari tukang ghosting adalah menghindari kerentanan di masa depan. Sementara korbannya, menjadi lebih ragu-ragu untuk menjalani hubungan romantis baru.

Kontribusi teknologi: Korban ghosting menyebutkan bahwa aplikasi kencan daring membuat perilaku tersebut lebih mudah dan hampir tanpa konsekuensi. Dengan anonimitas saat komunikasi daring, tukang ghosting tidak harus menghadapi konsekuensi dari tindakan mereka.

Baca juga:

4 Zodiak yang Sering Di-Ghosting

Karakteristik dan kepribadian pelaku ghosting

Pahami dan Kenali Karakterisik Pelaku Ghosting Sebelum Jadi Korban
Karakteristik kepribadian tertentu membuat seseorang lebih cenderung melakukan ghosting. (Foto: Pexels/cottonbro)

Para peneliti menunjukkan bahwa karakteristik kepribadian tertentu membuat seseorang lebih cenderung melakukan ghosting. "Kehadiran ciri-ciri kepribadian Dark Triad (narsisme, psikopati, dan Machiavellianisme) dan gaya keterikatan penghindaran dapat menjelaskan kemungkinan perilaku ghosting," kata Holmes seperti diberitakan Psychology Today (6/10).

Faktor lain yang meningkatkan kemungkinan seseorang menggunakan ghosting sebagai strategi pemutusan hubungan adalah ketidaktertarikan atau kurangnya keintiman dalam hubungan, memiliki pola pikir tetap, dan memiliki keyakinan kuat pada takdir.

Bagi para tukang ghosting, penulis penelitian menyarankan untuk merenungkan tindakan kamu, dan coba lihat dari kacamata korban atau mantan pasanganmu. Hal ini dapat membantu kamu menghentikan kebiasaan buruk itu.

Selain itu, tukang ghosting juga perlu meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara langsung, bahkan ketika topiknya mungkin sulit atau tidak nyaman.

"Carilah bantuan dari praktisi kesehatan mental yang mungkin dapat memberi kamu alat untuk meningkatkan tingkat empati dalam hubungan interpersonal," saran Holmes.

Sementara untuk korban ghosting, dia menyarankan agar kamu mengingat kalau tidak sendirian dalam pengalaman itu. "Cobalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri atau untuk tidak menghubungi si tukang ghosting lagi," ujarnya. Carilah dukungan kesehatan mental bila kamu membutuhkannya. (aru)

Baca juga:

Cara Berdamai Ketika Dighosting Match Tinder

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mengintip Spesifikasi Xiaomi 12 dan 12 Pro
Fun
Mengintip Spesifikasi Xiaomi 12 dan 12 Pro

Xiaomi 12 series, ponsel flagship terbaru dari Xiaomi.

Transisi Noah Centineo dari Peter Kavinsky ke Atom Smasher
ShowBiz
Transisi Noah Centineo dari Peter Kavinsky ke Atom Smasher

Noah Centineo berperan sebagai Atom Smasher di film Black Adam.

Majalah Tempo Dibredel Orba
Fun
Majalah Tempo Dibredel Orba

Pemerintah Orba beralasan pemberitaan yang dimuat bisa membahayakan stabilitas nasional.

Foo Fighters Borong 3 Piala Grammy Awards 2022
ShowBiz
Foo Fighters Borong 3 Piala Grammy Awards 2022

Foo Fighters tidak tampil di Grammy Awards 2022.

Jeff Satur Segera Rilis Album Perdana
Hiburan & Gaya Hidup
Jeff Satur Segera Rilis Album Perdana

Berisikan segala aspek kehidupan sang penyanyi.

Honda akan Kembangkan Motor Listrik Balap
Fun
Honda akan Kembangkan Motor Listrik Balap

Honda bergerak cepat ke arah netralitas karbon.

Pegawai SpaceX Mengkritik Elon Musk
Fun
Pegawai SpaceX Mengkritik Elon Musk

Karyawan SpaceX ingin Elon Musk lebih bijak bersikap.

Kisah Pahlawan Nasional Dr. H.R. Soeharto, Dokter Pribadi Bung Karno dan Bung Hatta
Fun
Kisah Pahlawan Nasional Dr. H.R. Soeharto, Dokter Pribadi Bung Karno dan Bung Hatta

Semua detik-detik sejarah yang berhubungan dengan pembangunan Indonesia Merdeka kita disaksikan oleh dr. Soeharto.

Aneka Kerajinan Tangan Ciamik Berbahan Eceng Gondok
Fun
Aneka Kerajinan Tangan Ciamik Berbahan Eceng Gondok

Mengolah Eceng Gondok menjadi beberapa aneka kerajinan tangan dengan mengajak dan melibatkan masyarakat sekitar.

Mengenal Beragam Kebaya dan Keindahan Koleksi Produk Lokal
Fashion
Mengenal Beragam Kebaya dan Keindahan Koleksi Produk Lokal

Kebaya memiliki filosofi yang melambangkan kesederhanaan.