Pahami Cara Mendampingi Penderita Kanker Saat Terjadi Keterlambatan Medis Selain menjaga dan mengontrol emosi, pendampingan pada pasien kanker harus mengetahui lengkap bagaimana langkah perawatan selanjutnya. (Foto: freepik/rawpixels.)

SAAT diberitahu bahwa seseorang yang kamu sayangi menderita kanker, seseorang harus mempertimbangkan sikap dan tindakan selama di sampingnya. Dilansir dari laman American Cancer Society, Merah Putih merangkumnya untuk membantu kamu memahami proses penyakit kanker dan mendapatkan gambaran tentang apa yang akan terjadi selanjutnya serta merekomendasikan cara pendampingannya.

Beberapa pertanyaan pertama yang harus kamu dan penderita kanker tanyakan kepada dokter atau tim perawatan kanker adalah melingkupi jenis kanker yang diderita, dimana letak kanker tersebut dan bagaimana penyebarannya. Selanjutnya juga harus diketahui pilihan pengobatan yang direkomendasikan, harus melakukan perawatan apa, berapa lama waktunya dan apakah efek samping dari pengobatan itu.

Baca Juga:

Tes Baru untuk Deteksi Penyakit Lyme Lebih Cepat

Ketika seseorang menderita kanker, tidak ada yang bisa memprediksi hasil dari pengobatan yang sudah dilakukan. Meskipun tidak ada cara yang pasti, tapi setidaknya dokter atau tim perawatan kanker dapat memberi kamu sebuah gambaran tentang bagaimana perkembangannya. Ini akan menjadi lebih jelas dan lebih mengenal cara merawat orang dengan kanker lebih baik.

Jika terjadi keterlambatan hasil tes

kanker
Support dari orang terdekat dalam pendapatkan perawatan merupakan hal penting bagi pasien kanker. (Foto: freepik/rawpixels)

Terkadang butuh beberapa waktu untuk mendapatkan hasil lab, x-ray, scan, prosedur perawatan kanker dan atau hasil lab biopsi. Ini bisa menjadi lebih sulit untuk ditangani ketika kamu menunggu hasil tes untuk melihat apakah jenis kanker itu atau apakah kanker telah kembali. Sangat menakutkan untuk mengetahui tentang perubahan jumlah darah atau tumor atau massa (benjolan) dan belum tahu apakah itu kanker atau bukan.

Biasanya hasil tersebut didapat dari lab biopsi. Biopsi dilakukan apakah seseorang mengalami kanker serta menentukan penyebaran kanker atau stadiumnya. Selain itu, biopsi juga dapat dilakukan untuk beberapa tujuan, seperti memeriksa sel darah pada sumsum tulang.

Menunggu hasil ini dapat mempengaruhi emosi kamu dan pasien kanker. Rasa tidak percaya, cemas, takut marah dan sedih menjadi menjadi satu dan wajar jika mengalami ini. Beberapa orang nyaman dengan memberitahukan vonis yang dideritanya, sementara beberapa yang lainnya ingin merahasiakannya. Cobalah kamu menghormati keputusan pasien kanker ini.

Alangkah lebih baik jika kita sebagai pendamping pasien kanker menjaga emosi pasien guna menumbuhkan semangat melakukan perawatan kanker. Ketahui pula hasil tes secara detil guna memaksimalkan langkah selanjutnya. Kamu sebagai pendamping pasien pun harus kuat dan sehat.

Baca Juga:

Berpuasa, Terapkan Pola Makan Baik bagi Penyintas Hipertensi dan Diabetes

Jika terjadi keterlambatan pengobatan

kanker
Second opinion tentang pengobatan terbaik merupakan ide yang baik, terutama jika pasien dapat menemui dokter yang lebih berpengalaman. (Foto: freepik/freepik)

Merencanakan pengobatan kanker membutuhkan waktu. Kebanyakan orang ingin segera memulai pengobatan. Mereka khawatir bahwa waktu ekstra yang diambil untuk melakukan tes atau membuat keputusan akan menghabiskan waktu berharga yang dapat dihabiskan untuk memerangi kanker.

Pengobatan kanker harus dimulai segera setelah diagnosis, tetapi untuk sebagian besar jenis kanker, tidak ada salahnya menunggu beberapa minggu untuk memulai pengobatan. Ini memberi orang dengan kanker waktu untuk berbicara tentang semua pilihan pengobatan mereka dengan tim perawatan kanker, keluarga, dan teman-teman, dan kemudian memutuskan apa yang terbaik untuk mereka.

Pasien mungkin juga ingin memperoleh second opinion tentang pengobatan terbaik. Ini merupakan ide yang baik, terutama jika pasien dapat menemui dokter yang lebih berpengalaman dalam mengobati jenis kankernya. Pendapat kedua dapat memberi orang dengan kanker lebih banyak informasi dan membantu mereka merasa lebih percaya diri dalam memilih rencana perawatan yang akan dilakukan.

Pasien juga mungkin membutuhkan waktu untuk bersiap guna menunda aktivitas normal mereka saat mendapatkan perawatan. Misalnya, pengaturan untuk pekerjaan atau mencari solusi pengasuhan anak, atau menyelesaikan dan mengurus sesuatu untuk lebih fokus dalam menjalani perawatan dan khususnya mengatur perencanaan keuangan untuk perawatan kanker yang dideritanya. Support dari kamu sebagai pendamping pasien adalah mencari solusi terbaik untuk segala persiapan tersebut.

Walau terjadi keterlambatan berkaitan dengan langkah medis, ini bukanlah hal besar yang harus disayangkan. Keterlambatan medis dapat mempunyai solusi yang sesuai dengan kanker yang sudah diderita. Konsultasikan agar langkah selanjutnya akan kembali sesuai.(DGS)

Baca Juga:

Konsumsi Obat Cacing Saat Puasa

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Coldiac Ajak Pendengar Mensyukuri Hal-Hal Kecil Lewat ‘Beautiful Day’
ShowBiz
Coldiac Ajak Pendengar Mensyukuri Hal-Hal Kecil Lewat ‘Beautiful Day’

Coldiac kembali memberikan angin segar dengan lagu Beautiful Day.

4 Zodiak Ini Dikenal Paling Sulit Didekati
Hiburan & Gaya Hidup
4 Zodiak Ini Dikenal Paling Sulit Didekati

Cukup sulit untuk diajak berteman dan berkenalan dengan orang baru.

Desain Masih Sama, Intip Spesifikasi iPhone SE 2022
Fun
Desain Masih Sama, Intip Spesifikasi iPhone SE 2022

Intip spesifikasi iPhone SE 2022.

'Ivanna' Bakal jadi Mimpi Buruk Kamu
Fun
'Ivanna' Bakal jadi Mimpi Buruk Kamu

Merupakan spin-off 'Danur 2: Maddah' (2018) dari waralaba Danur Universe.

Startup Jepang Menargetkan Pengguna Supercar Pakai Hoverbike
Fun
Startup Jepang Menargetkan Pengguna Supercar Pakai Hoverbike

Dilengkapi dengan mesin konvensional dan empat motor bertenaga baterai.

Ghozali Everyday Jual Foto Selfie NFT, Harga Tertinggi Rp 3 Triliun
Fun
Ghozali Everyday Jual Foto Selfie NFT, Harga Tertinggi Rp 3 Triliun

Harga terendah foto selfie Ghozali dihargai Rp 9,5 juta.

Cara Efektif Mengontrol Emosi Berlebihan
Hiburan & Gaya Hidup
Cara Efektif Mengontrol Emosi Berlebihan

Cenderung dapat membuat kita lepas kendali.

Orangtua Wajib Tahu Empat Indikator Perkembangan Anak
Fun
Orangtua Wajib Tahu Empat Indikator Perkembangan Anak

Para orangtua wajib tau tentang empat indikator perkembangan anak

Wikipedia tak Akui NFT sebagai Karya Seni
Hiburan & Gaya Hidup
Wikipedia tak Akui NFT sebagai Karya Seni

Akan jauh lebih sederhana memisahkan NFT ke kategorinya sendiri.

Kesalahan dalam Berkarier yang Harus Dihindari di Usia 30an
Fun
Kesalahan dalam Berkarier yang Harus Dihindari di Usia 30an

Ada sejumlah kesalahan karir yang harus kamu hindari di usia 30an.