Pagelaran Seni Tradisi Lisan Jambi 2015 Seni tradisi Rampi-Rampo asal Kabupaten Bungo. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

MerahPutih Budaya - Mengulang kesuksesan tahun 2014, Kantor Bahasa Jambi kembali menggelar pagelaran seni tradisi lisan Jambi di halaman Kantor Bahasa Jambi, Selasa (1/12) malam.

Pergelaran seni tradisi lisan yang berlangsung 1-3 Desember 2015 dengan menampilkan beragam seni tradisi lisan khas kabupaten/kota se-propinsi itu bertujuan untuk menarik minat generasi muda setempat dan sekaligus upaya melestarikan keberadaannya.

Penyelenggarakan kegiatan ini juga didasari atas pentingnya tradisi lisan sebagai sumber ilmu pengetahuan. Penetapan tradisi lisan yang akan ditampilkan dalam pagelaran ini berdasarkan atas dasar deteksi potensi kepunahannya.

Salah satunya seperti para pemain Kelompok Sanggar Mindulahin mementaskan seni tradisi Rampi-Rampo asal Kabupaten Bungo.

Selain itu, di hari pertama pagelaran menampilkan Zikir Bardah dari Muaro Jambi, pergelaran Bakohak dari Batanghari, Tari Asyeik dari Kota Sungai Penuh.

Di hari kedua akan menampilkan pergelaran Mantau, anak imau dan Kijamg Salai dari Sarolangun, Musik Piul Tantang Badendang dari Tanjung Kabung Barat, Ketalamg Petang dari Merangin serta Gandai dan Badudu dari Tebo.

Sedangkan di hari terakhir yakni hari ketiga, pagelaran tersebut akan menghadirkan tradisi lisan dari Tanjung Jabung Timur dan Pergelaran Tauhbdari Kerinci.

 

BACA JUGA:

  1. Festival Seni Tradisi Pilih 5 Seni Tradisional Terbaik di Yogyakarta
  2. Tari Kolosal Gandrung Sewu Banyuwangi di HUT Korpri
  3. Bukan Bupati, Nyi Roro Kidul Menikah dengan Raja-Raja Jawa
  4. Mengenal Uniknya Tradisi Saparan Kopeng
  5. Tradisi Merti Desa Ketitang, Ungkapan Rasa Syukur Warga Temanggung


Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH