Pagelaran Musikal Kekinian Akan Segera Digelar EKI Dance Company meramu tarian etnik tradisi yang kekinian. (Foto: EKI Dance Company)

EKSOTIKA Karmawibhangga Indonesia (EKI) Dance Company menggelar pentas bertajuk EKI Update 4.0 pada 23 hingga 25 November 2018. EKI Update merupakan ajang rutin yang diadakan untuk mempertemukan EKI Dance Company dengan para penggemar seni pertunjukkan.

1. Menyajikan tarian, melodi dan film dalam cinta

eki dance company
EKI Dance Company menyajikan tradisi dalam nuansa modern. (Foto: EKI Dance Company)

Pentas seni yang diadakan di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Jakarta Pusat tersebut mengusung mini musikal bertajuk #WeSingWeDanceWeLove. Selama tiga malam, kita bisa menyaksikan tujuh tarian dan nyanyian. Tarian yang dipentaskan merupakan tarian etnik modern dimana selain menampilkan unsur tradisi juga memberikan sentuhan musik jazz. Tarian tersebut akan berkolaborasi dengan film. Benang merah antara tarian, melodi, dan film tersebut menyajikan cinta dalam berbagai perpektif.

2. Memberikan warna lain dalam cerita yang berkembang dalam masyarakat

eki dance company
Pertunjukan yang menyadarkan bahwa cinta adalah penting. (Foto: EKI Dance Company)

Menurut Aiko Senosoenoto selaku Produser EKI Update 4.0 tema cinta dipilih karena EKI Update 4.0 ingin memberikan warna lain dalam cerita yang berkembang di masyarakat. “Selama ini narasi yang berkembang di masyarakat hanya seputar politik dan ekonomi. Pertunjukkan ini akan menyadarkan kita bahwa cinta memainkan peranan penting dalam kehidupan kita,” jelas Aiko. Pagelaran musikal tersebut disutradarai oleh koreografer Dewan Kesenian Jakarta bernama Rusdy Rukmarata.

EKI Dance Company akan menampilkan pagelaran mini musikal berjudul Ada Apa Dengan Sinta. Pertunjukkan tersebut mengisahkan perjodohan antara anak dari keluarga kaya raya dimana masing-masing anak telah memiliki tambatan hati. Kisah cinta tersebut menampilkan sekelumit konflik para tokoh yang harus memilih antara bisnis keluarga atau cinta.

3. EKI Dance Company selalu mengangkat tema yang berhubungan dengan fenomena kehidupan

eki dance company
EKI Update 4.0 merupakan pergelaran keempat. (Foto: EKI Dance Company)

Setiap tahunnya, EKI Dance Company selalu mengangkat tema yang lekat dengan fenomena kehidupan. Dapat dipastikan tema EKI Dance Company setiap tahunnya berbeda-beda. Sebelumnya EKI Dance Company menggelar EKI Update 1.0 yang mengusung tema #EtnikKekinian, di EKI Update 2.0 mengangkat tema #InArtWeUnite, selanjutnya EKI Update 3.0 menghadirkan tema #LifeKidsJamanNow.

Sutradara sekaligus koreografer pagelaran musik, Rusdy menuturkan bahwa seluruh hasil penjualan tiket akan disumbangkan untuk Yayasan Pembinaan Anak Cacat Indonesia. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH