Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Kembali Adakan Beasiswa Seniman Tita Dian Wulansari Kurasi PSBK siap berikan beasiswa kepada seniman (Foto: Instagram @just_titadian)

MerahPutih Budaya - Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) kembali menggelar beasiswa Program Seniman Pasca Terampil. Beasiswa khusus seniman muda ini dilaksanakan untuk kedua kalinya, setelah pelaksanaan tahun lalu berakhir November.

"Seniman Pasca Terampil kita buka lagi tahun ini. Mulai bulan kemarin (Februari), sampai November nanti," kata Kurasi PSBK, Tita Dian Wulansari, saat ditemui merahputih.com di komplek PSBK, Tirtomartani, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (3/3).

Tahun lalu Program Pasca Terampil memilih 10 seniman dari berbagai daerah. Dari sepuluh seniman, hanya 8 seniman yang menyelesaikan program hingga akhir. "Tahun ini sama, ada 10 seniman juga. Sekarang ada dari Jakarta, Yogyakarta, Medan, Magetan, dan Lampung," imbuh Tita Dian Wulansari.

Latar seniman tidak terpatok pada satu jenis seni. Program ini mencari seniman dari berbagai disiplin karya seni. Namun, bila tahun kemarin terdapat seni tari, tahun ini tidak ada seniman tari.

"Program ini tidak mengarahkan mereka jadi seniman yang berpraktik mencipta karya seni. Gagasan, wacana, dan metode penciptaannya yang utama di sini. Seni itu kan berkontribusi untuk semua bidang," kata Teguh Hari, Kurasi PSBK.

Program Seniman Pasca Terampil ini terselenggara berkat dukungan Djarum Foundation. Pada tahun lalu, program ini mesyaratkan calon peserta telah memiliki pengalaman seni selama lima tahun. Selain itu, calon peserta berusia minimal 25 tahun dan maksimal 35 tahun.(fre)

BACA JUGA:

  1. Taman Ismail Marzuki Dulu Kebun Binatang Kini Padepokan Seniman
  2. Tarik Wisatawan, Yogyakarta Kembangkan Desa Budaya
  3. Perhimpunan Perempuan Pekerja Seks Yogyakarta Pesimistis Indonesia Bebas Prostitusi
  4. BPCB Yogyakarta Temukan Pagar Kuno Candi Prambanan
  5. Kampanyekan Cagar Budaya, BPCB Yogyakarta Manfaatkan Mobil Bioskop Keliling


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH