Padepokan Seni Bagong Adakan Ruang Seni Rupa "Mangan Ora Mangan Kumpul?" Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)

MerahPutih Budaya- Pekan depan, Jumat (20/5), Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Tamantirto, Bantul, DI Yogyakarta, akan menyelenggarakan pagelaran ruang seni rupa "Mangan Ora Mangan Kumpul?" dalam pagelaran itu, empat seniman dari tiga jenis karya seni akan mempresentasikan karya-karyanya.

Keempat seniman tersebut ialah Akbar Fahrizal dari seni teater, Iqro Akhmad Ibrahim dari seni rupa, Marta Karisma Lelina dari seni rupa, dan Thoriq Dwi Prayitno dari seni musik. "Ini kekuatannya, kita kerjain bareng-bareng. Menariknya, bagaimana prosesnya itu, bagaimana seni rupa didapatkan dengan musik atau teater. Bagaimana orang teater membaca seni rupa, bagaimana seni rupa membaca musik," kata Akbar Fahrizal saat ditemui merahputih.com di PSBK, Kamis (12/5).

Pria yang akrab dipanggil Akbar itu menjelaskan bahwa maksud mengangkat tema "Mangan Ora Mangan Kumpul?" ialah penegasan kembali makna kalimat tersebut. Menurutnya, mungkin dalam konteks saat ini kalimat tersebut tidak lagi berarti apa-apa.

"Beberapa kemungkinan dari kalimat itu, kumpul karena makan atau sebaliknya makan karena kumpul. Pada akhirnya kita menemukan makna itu, kebersamaan dan refleksi," ujarnya.

Presentasi akhir ini akan diadakan Jumat 20 Mei, mulai pukul 19.30 WIB. Presentasi akhir ini merupakan puncak dari serangkaian 4 kegiatan proses interaksi dengan masyarakat. Pertama, Kamis 28 April. Kedua, Selasa 3 Mei. Ketiga, Selasa 10 Mei. Keempat, Jumat 13 Mei. Presentasi terbuka untuk umum dan gratis.

BACA JUGA:

  1. Yuk Berpetualang di Goa Gelatik Yogyakarta
  2. Pantai Congot Surganya Nelayan di Yogyakarta
  3. Pemerintah Dorong Pemberdayaan Objek Wisata Religi
  4. Kejar Target Kunjungan Wisatawan, Presiden Sidak Danau Toba
  5. Yuk Wisata Candi ke Gedong Songo Semarang


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH