Padamkan Api Kini Bisa dengan Suara Viet Tran dan Seth Robertson, dua mahasiswa teknik mengembangkan pemadam kebakaran yang bekerja dengan gelombang suara. (Foto: George Mason University)

MerahPutih Teknologi - Berkat dua orang mahasiswa teknik di Fairfax, Virginia, petugas pemadam kebakaran kini tidak memerlukan air lagi untuk membutuhkan api, karena padamkan api kini bisa dengan suara.

Viet Tran dan Seth Robertson adalah dua orang di balik pemadam kebakaran ini. alat pemadam ini masih terlihat konvensional dengan sebuah tabung besar dan alat seperti radio yang harus ditenteng.

Tabung besar yang terlihat seperti tabung gas itu sebenarnya merupakan loudspeaker ukuran subwoofer yang bertugas memancarkan gelombang suara yang mampu menakhlukan api.

Tidak banyak suara yang terdengar dari alat pemadam api itu, hanya terdengar hentakan drum cepat dengan volume suara yang kecil. Namun ketika diarahkan ke api, seketika itu juga api padam.

Sekilas, alat pemadam api itu seperti meniup, karena pada dasarnya gelombang suara yang dihasilkannya menghentakan udara ke arah api.

"Ini frekuensi suara rendah, seperti (bunyi) bass Buk-Buk yang bekerja di musik hip-hop," kata Tran seperti dikutip dari CNN.

 

BACA JUGA:

  1. Apple Watch Terima Banyak Komplain
  2. 'Batman: Arkham Knight' Akan Sambangi PC
  3. Senjata Khas Assassin Creed Syndicate jadi Kenyataan
  4. Toshiba Jual Bisnis Sensor Kamera ke Sony
  5. Malware Jangkiti Ratusan Kamera Keamanan

Tags Artikel Ini

Fadhli