Pada Porsi yang Wajar Bir dan Wine Memberikan Manfaat Wine dalam batas yang wajar menyehatkan. (Foto: Pixabay/stevepb)

SEGALA yang berlebihan tidak pernah ada baiknya. Seperti mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan akan membuat mabuk bahkan mengganggu organ tubuh manusia.

Alkohol dalam batas wajar akan memberikan manfaat yang cukup baik bagi tubuh. Salah satunya adalah meredakan pilek dan masuk angin.

Baca Juga:

3 Makanan Sehari-hari Ini Ternyata Berdampak Buruk untuk Kulit

1. Jantung

minum
Konsumsi wajar membuat risiko serangan jantung turun. (Foto: Pexels/Pixabay)

Dalam porsi yang bir dan anggur merah (red wine), dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 40 persen. Manfaat alkohol untuk kesehatan jantung berkaitan dengan kemampuannya menaikan kolestrol baik dan menurunkan kolestrol jahat. Kemudian mengurangi risiko penggumpalan darah yang bisa menjadi faktor penyumbatan arteri yang jadi penyebab serangan jantung dan stroke. Selain itu anggur merah dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi pikun, meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah pengeroposan tulang.


2. Turunkan risiko Alzheimer dan Parkinson

minum
Menurunkan risiko sakit Parkinson atau alzheimer. (Foto: Pexels/Gerd Altmann)


Bir mengandung thiamin dan riboflavin (dua jenis vitamin B), kalsium, magnesium, dan selenium yang lebih banyak dibandingkan dengan wine. Para peneliti menyebutkan karena bahan dasar yang digunakan untuk membuat bir, yaitu jelai atau hops (pucuk pohon cemara). Penelitian dari Journal of Agriculture and Food Chemistry mencatat bahwa senyawa aktif dalam hops menjadi penekan dari risiko Alzheimer dan Parkinson. Hop mengandung xanthohumol yang memiliki kandungan antioksidan dan antikanker berfungsi memperlambat perkembangan dari penyakit neurodegeneratif.


3. Kesehatan ginjal

minum
Wine dipercaya menurunkan risiko batu ginjal. (Foto: Pixabay/congerdesign)


Bir dan wine yang dikonsumsi sewajarnya bagus untuk memelihara kesehatan ginjal. Mengonsumsi bir dan wine dipercaya dapat menurunkan risiko batu ginjal hingga 41 persen.

Baca Juga:

Manfaat Kesehatan Buah Leci

4. Vodka untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi

minum
Vodka mematikan bakteri di mulut. (Foto: Pexels/Pixabay)


Vodka yang berasal daru Russia memiliki sifat antibakteri yang sangat baik. Oleh karena itu, vodka bisa dijadikan sebagai obat kumur alternatif yang ampuh untuk membunuh bakteri dalam mulut. Bakteri yang menyebabkan bau mulut dan kerusakan gigi. Biasanya untuk mendapatkan manfaat lebih maka bisa menambahkan cengkeh, lembaran daun mint, atau sebatang kayu manis agar lebih sehat.


5. Flu dan masuk angin

bir
Wine dapat meredakan flu. (Foto: Pixabay/Mojpe)

Uji coba pada kera Makaka, spesies primata yang memiliki rancangan sistem imun tubuh yang paling mirip dengan manusia, menemukan bahwa mengonsumsi wine dengan wajar mengalami peningkatan kualitas sistem kekebalan tubuh. Namun ketika kera meminum dengan porsi berlebihan, kera menunjukkan kekebalan tubuh yang melemah.

Meskipun memiliki kelebihan tetap harus diingat bahwa sesuatu yang berlebihan tentu akan menjadi tidak baik. Maka batasilah diri, batas yang wajar untuk minum wine adalah satu gelas per hari untuk perempuan dan dua gelas perhari untuk laki-laki. (lio)


Baca Juga:

Manis dapat Menurunkan Stres, Benarkah?


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH