Berkemas Efektif untuk Liburan, Begini Caranya Ilustrasi Traveling (Foto: pixabay/enginakyurt)

MENJELANG Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada pertengahan Juni nanti, tak sedikit yang sudah mulai bersiap untuk liburan. Namun, biasanya persiapan untuk jalan-jalan khususnya berkemas kerap membuat seseorang malas.

Padahal, jika kurang persiapan saat berkemas, bisa jadi barang-barang berantakan bahkan ada yang tertinggal lantaran lupa untuk dimasukkan ke koper. Berkemas dengan asal-asal bahkan bisa membahayakan gawai kamu lo. Kamera dan ponsel bisa saja terbentur barang-barang lain. Belum lagi adanya kemungkinan tumpahnya peralatan mandi serta makeup.

Nah, biar liburan kamu tenang nyaman tanpa gangguan barang rusak atau bahkan tertinggal, berikut tips cara berkemas yang dilansir iStyle.

1. Gulung Kaus/Dress

(Foto: pixabay/ranjatm)

Hal yang pertama dilakukan pada saat berkemas ialah memilah baju yang kamu bawa. Kaus atau dress dengan bahan yang lebih santaibisa kamu lipat dan gulung agar lebih menghemat tempat. Hal ini amat perlu dilakukan kamu para perempuan yang cenderung bawa lebih banyak barang.

Selain itu, menggulung baju juga dapat mencegah kerusakan pada baju, semisal robek.

2. Perhatikan Alat Elektronik

(Foto: pixabay/free-photos)

Beberapa barang elektronik, seperti kamera, hairdryer, dan catokan, mejadi barang wajib untuk dibawa berlibur. Nah, untuk mencegah barang-barang elektronik tersebut rusak lantaran terbentur, gulunglah dengan salah satu baju milikmu sebelum dimasukkan ke koper.

3. Pisahkan Alat Makeup

(Foto: pixabay/4956365)

Buat para perempuan, bawa makeup seperlunya saja agar tak terlalu repot. Cara efektif mengemas alat rias ialah masukanlah alat-alat rias kamu ke tas yang lebih kecil yang bisa dibawa ke mana-mana. Hal itu akan memudahkan kamu ketika ingin memulas ulang. Selain itu, mengemas makeup dalam satu tas kecil terpisah akan menghindari peralatan perlatan itu tercecer di koper.

4. Jangan Bawa Alat Mandi Berlebihan

(Foto: pixabay/hans)

Membawa botol sabun atau shampoo ukuran besar pastilah bakal bikin ribet. Solusi terbaiknya ialah gunakan botol-botol kecil untuk semua peralatan mandi kamu.

Kamu bisa membeli beberapa botol kecil yang kemudian kamu bisa isi dengan sabun dan shampoo secukupnya. Biar aman, pastikan botol tertutup rapat. Setelah itu, masukkan alat mandi ke tas kecil khusus agar tak mengotori barang lain di dalam koper.

5. Lipat Kemeja dengan Benar

(Foto: pixabay/publicCo)

Kalau kamu bepergian membawa pakaian formal seperti kemeja, kemaslah bersamaan dengan ikat pinggang. Caranya, gulung ikat pinggang lalu masukkan ke area kerah. Tujuannya, untuk menahan area itu tetap berdiri dengan rapi. Setelah itu, masukkan ke plastik, baru simpan dalam koper.

6. Gunakan Plastik Tambahan

(Foto: pixabay/jamsdemers)

Untuk mengemas sepatu dan sandal, sebaiknya kamu masukkan ke plastik agar bagian bawahnya tak mengotori baju-baju serta barang-barang kamu yang ada di dalam koper. Setelah seluruh barang dimasukkan ke koper, jangan lupa untuk ikat dengan strap koper kamu agar semua barang tetap berada dalam tempatnya.

Penasaran seperti apa rangkuman tips berkemas yang baik? Yuk, simak video berikut ini. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Enggak lagi Lajang saat Lebaran, Lakukan Hal Ini

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH