Pacar Kamu Posesif? Coba Lakukan Hal-Hal Ini Bantu pasanganmu keluar dari sifat posesif daripada memarahinya (Foto: pixabay)

DALAM sebuah hubungan, pasti dibutuhkan yang namanya kepercayaan. Antara dua sejoli, pasti selalu berusaha untuk memberikan perhatian dan kasih sayang yang terbaik bagi kekasihnya. Tapi, sesuatu yang berlebih juga tidak baik. Kasih sayang dan perhatian yang berlebih bisa menjurus kepada hubungan yang posesif.

Punya pacar posesif pastinya tidak menyenangkan, kamu bisa jadi terganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan dalam berteman dengan orang lain. Padahal, yang kamu lakukan belum tentu yang seperti dipikirkan si dia.

Baca juga:

Enam Tipe Cemburu. Kamu Tipe yang Mana?

Tanda bahwa si dia mulai posesif seperti selalu rutin mengecek isi ponselmu, dengan siapa saja kamu melakukan chat, dengan siapa saja kamu bertemu hari ini. Dia seolah perlu tahu semua yang kamu lakukan hari ini. Jika hal-hal itu terjadi di dalam hubunganmu dengan si dia, jangan protes dan marah, coba lakukan hal-hal berikut ini.

1. Kenalkan si dia dengan teman-temanmu

Pacar Kamu Posesif? Coba Lakukan Hal-Hal Ini
Kenalkan dia teman-temanmu (foto: pexels/Helena Lopes)

Hubungan kamu dengan si dia tidak akan berangsur baik jika hanya mengharap dia untuk berubah menjadi tidak posesif. Saatnya kamu ambil gerakan, coba untuk kenalkan dia dengan teman-temanmu. Yakinkan dia bahwa mereka betul-betul hanya sekedar teman, tidak ada yang punya niat untuk merebutmu darinya.

Dengan mengenalkan teman-temanmu ke dia, kamu juga telah menunjukkan kepadanya bahwa tidak ada yang tersembunyi di dalam hubunganmu.

Kamu juga telah menunjukkan bahwa perasaan dan hatimu benar benar ada padanya dan tidak ada niat untuk mencari orang lain. Maka dia akan merasa lebih aman dan berusaha menerima teman-temanmu di antara hubungan kalian.

2. Bantu dia merasa percaya diri

Pacar Kamu Posesif? Coba Lakukan Hal-Hal Ini
Jangan pernah selingkuh dengan pasanganmu (foto: pinterest.com)

Kamu juga harus membantunya menemukan kepercayaan dirinya. Kamu harus membantunya mengatasi ketakutannya bahwa dia sedang berkompetisi dengan orang lain untuk mendapatkan afeksi darimu. Saat dia mulai merasa cemburu, dia mulai posesif, bantu lah dengan bicara baik-baik dengannya. Usahakan untuk selalu menjaga nada rendah.

Coba lah untuk membuat dia merasa seperti satu-satunya orang di dalam hidupmu. Walaupun tentu tidak demikian, tapi kamu perlu melakukannya untuk mencegahnya menjadi posesif.

Saat dia terlihat menarik dengan penampilannya, coba lah untuk sedikit banyak memujinya, ucapkan terima kasih karena sudah berpenampilan menarik hari itu.

3. Jelaskan bahwa jarak juga baik

Pacar Kamu Posesif? Coba Lakukan Hal-Hal Ini
Jelaskan bahwa waktu sendirian juga baik untuk dirinya (Foto: unsplash/Ben White)

Dia pasti tidak ingin berjarak denganmu, tidak akan melepaskanmu jauh dari pantauannya. Kamu juga tidak perlu untuk mencoba menjauh darinya, tidak perlu untuk berusaha kabur darinya. Tapi coba lah untuk menjelaskan bahwa jarak juga bisa jadi baik untuk hubungan kalian.

Baca juga:

Saat Mulai Tak Cemburu Lagi, Bisa Jadi Dia Selingkuh

Pertama-tama tentu saja dia tidak akan menerima, tapi kamu juga tidak akan menyerah. Kamu akan terus mencoba menjelaskan, perlahan dan selalu gunakan nada rendah.

Buat dia percaya bahwa berjarak juga bisa jadi menyenangkan. Buat dia mengerti bahwa berjarak sebentar saja dan melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk diri sendiri juga menyehatkan untuk hubungan kalian.

4. Jujur dan jangan pernah selingkuh

Pacar Kamu Posesif? Coba Lakukan Hal-Hal Ini
Jangan pernah selingkuh dengan pasanganmu (Foto: pinterest.com)

Bisa jadi dia menjadi posesif bukan karena sifat alaminya, namun karena trauma yang pernah dia alami dengan orang lain sebelum kamu, atau bahkan kamu sendiri.

Kamu tidak bisa terus menyalahkannya karena sifatnya, karena bisa jadi dia punya trauma yang mendalam dan kamu memang harus membantunya, membuat dia percaya denganmu.

Tetaplah jujur dengannya, terus terang dengannya. Tentu saja tidak selalu semua yang ada di dalam hidupmu perlu dia ketahui, tapi usahakan untuk selalu jujur setiap dia bertanya. Jangan ada yang tersembunyi di dalam hubunganmu dengannya.

Lalu, jangan pernah selingkuh, karena bagaimanapun kamu menyembunyikannya, pasti akan ketahuan juga. Kamu hanya akan berakhir menyakiti hati dan kepercayaannya padamu.

Seperti kata Johnny Depp, jika kamu mencintai dua orang bersamaan, pilihlah yang kedua, karena jika kamu benar-benar cinta dengan yang pertama, tidak akan ada yang kedua.

5. Coba lakukan empat hal di atas

Pacar Kamu Posesif? Coba Lakukan Hal-Hal Ini
Jika dia masih terus posesif, mungkin saatnya untuk berpisah (Foto: unsplash/Kelly Sikema)

Kalau kamu sudah melakukan empat hal di atas, harusnya akan ada perubahan dengan dirinya di dalam hubunganmu. Jika tidak, mungkin sudah saatnya untukmu berpisah dengan dia. Karena apapun yang kamu lakukan akan sia-sia dan hubunganmu menjadi toxic. (Drw)

Baca juga:

Jangan Cemburu Berlebihan Pada Pasangan, Ini 4 Bahaya yang Akan Menghampirimu



Ananda Dimas Prasetya