Pabrik Cokelat Willy Wonka Hadir di Amsterdam Didirikan di kota Zaandam. (Foto: tonyschocolonely)

PENGGEMAR cokelat harus mampir nih ke Amsterdam. Akan ada pabrik Cokelat mirip seperti punya Willy Wonka dalam film Charlie and the Chocolate Factory. Bedanya pabrik cokelat ini tidak berada di kota Zaandam, Belanda, melainkan di Amsterdam. Tepatnya sekitar 18 kilometer sebelah utara ibu kota Belanda itu.

Mengutip New York Post, Firma arsitektur yang berbasis di Amsterdam, SeARCH bekerja sama dengan Tony's Chocolonely untuk membuat Tony's Chocolonely Chocolate Circus. Pabrik cokelat itu akan memiliki tiga bangunan. Menariknya akan dibangun pula roller coaster untuk sarana hiburan pengunjung.

Baca juga:

Rotterdam Akan Memiliki Peternakan Ayam Terapung Modern

1
Akan terdiri dari tiga bangunan. (Foto: timeout)

Daily Mail mengatakan Roller coaster tersebut nantinya akan memiliki rel dengan satu putaran yang melalui paviliun merah. Rel roller coaster tidak akan menuju ke dalam pabrik, hanya bagian luarnya saja.

Di dalam pabrik, pengunjung dapat berkeliling dengan berjalan kaki dan mempelajari segala hal tentang cokelat. Termasuk tentang sejarah berdirinya pabrik cokelat itu.

Tony's Chocolonely awalnya didirikan pada tahun 2005 karena untuk mengakhiri perbudakan di pertanian cokelat. Tony’s Chocolonely bermitra dengan koperasi pertanian untuk membeli biji kakao langsung dari petani dengan harga yang lebih tinggi.

Baca juga:

New York Bakal Bangun Jembatan Khusus Pesepeda dan Pejalan Kaki

2
Pengunjung dapat masuk ke bagian dalam pabrik. (Foto: reddit)

Pabrik cokelat ini nantinya akan mempekerjakan 600 karyawan dan menargetkan lebih dari 500.000 pengunjung per tahun setiap tahunnya. Secara keseluruhan, proyek ini akan menelan biaya sekitar Rp1,5 triliun. "Kami sangat bahagia dan tidak bisa menunggu. Bagaimana dengan kamu?," tulis pernyataan SeARCH.

Belum ada kepastian kapan proyek ini akan selesai. Jadi buat sobat Merah Putih pencinta cokelat, sabar dulu ya. (lgi)

Baca juga:

Teknologi NASA Ini Mengubah Papan Iklan Menjadi Pembersih Udara, Kok Bisa?

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH