PA212 Minta Solusi Anies-Sandi Soal Pelarangan Pemotongan Hewan Kurban Hewan kurban. (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Merahputih.com - Juru bicara Persaudaran Alumni 212 (PA 212), Novel Bamukmin buka suara soal keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melarang 35 masjid di Jakarta Timur melaksanakan pemotongan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha.

Menurut dia, Pemprov DKI harus menyiapkan tempat khusus bagi warga yang terdampak dari larangan itu, agar mereka tetap merayakan pemotongan hewan kurban saat hari Idul Adha.

"Jadi kita meminta pemprov DKI jangan sekedar melarang tapi harus ada solusinya. Boleh dari 35 masjid itu memang disarankan untuk jangan memotong hewan kurban di sekitar masjid, akan tetapi warga disekitar 35 masjid ini yang tidak bisa menyelenggarakan pemotongan hewan kurban harus bisa dapat jatah mereka terserah mau motongnya dimana," ujar Novel saat dihubungi, Selasa (10/7)

Apabila pemprov masih bersikukuh memberlakukan hal itu, Novel berharap pemprov DKI memberikan solusi tebaik bagi warga yang tinggal disekitar masjid agar tetap mendapatkan jatah daging.

"Ya jadi kita melihat agar ini lebih bijaksana lagi. Kita akan sarankan kita juga membicarakan agar pemprov DKI mempertimbangakan kembali," tuturnya.

hewan kurban domba
Domba garut. (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Seperti diketahui, Pemprov DKI melarang 35 masjid di enam keluarahan di Jakarta Timur untuk malaksanakan pemotongan dan menaruh hewan kurban saat perayaan Idul Adha yang jatuh pada 22 Agustus mendatang.

Pasalnya kawasan Jakarta Equestrian Park (Arena berkuda) di Pulo Mas harus steril dari hewan kurban saat Asian Games tahun ini.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga sudah melarang penjual hewan kurban dan pemotongan beroperasi di sekitar pacuan kuda Pulo Mas. Pemprov ingin radius satu kilometer (KM) dari venue olahraga kuda pada perhelatan Asian Games steril dari hewan kurban.

"Disepakati radius 1 km dari Equestrian Park Pulo Mas dilarang melakukan penampungan, penjualan, dan pemotongan hewan kurban. Potensi area ada 17 lokasi penampungan dan 40 pemotongan, sekarang sedang sosialisasi," kata Sandiaga. (Asp)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH