Oxtrade IFeLeague 1, Kompetisi Sepak Bola Virtual Terbesar di Indonesia

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 28 Oktober 2021
Oxtrade IFeLeague 1, Kompetisi Sepak Bola Virtual Terbesar di Indonesia
Oxtrade IFeLeague 1 merupakan Kompetisi Sepak Bola Virtual Terbesar di Indonesia (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

OXTRADE IFeLeague 1 (Indonesian Football e-League1) merupakan sebuah kompetisi sepakbola virtual yang bekerjasama dengan club-club profesional di Indonesia, baik Liga 1 dan Liga 2.

Kompetisi tersebut dibuat tidak terlepas dari besarnya potensi Indonesia di bidang game konsol, serta banyaknya pro player Indonesia yang memiliki prestasi di kompetisi tingkat internasional.

Baca Juga:

Bukti Apresiasi Pemerintah, Esports Hadir di PON Papua 2020

Oxtrade IFeleague 1 secara resmi didukung oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Nominal hadiah yang ditawarkan pun cukup fantastis, yakni senilai Rp250 juta.

"IFeleague ditunjuk sebagai satu-satunya operator Liga 1 dan Liga 2 virtual di Indonesia, melalui PSSI dan LIB, kami sudah bekerja sama dengan klub profesional di Indonesia baik Liga 1 dan Liga 2. Saat ini kami mulai dengan sejumlah klub yang sudah punya concern untuk menggeluti era digital," jelas Putra Sutopo, CEO IFeL, pada konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (27/11).

IFeL akan membuat sejumlah program kerjasama dengan PSSI (Foto: Merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Selain itu, Putra juga menjelaskan, bahwa IFeL pun akan membuat berbagai program yang sejalan dengan PSSI. Hal itu agar kedepannya sepak bola virtual di Tanah Air bisa terus berkembang pesat.

Putra menjelaskan, bahwa IFel tengah menyusu berbagai program dengan PSSI untuk mengembangkan sepakbola virtual. Ifel pun ingin mejadikan Oxtrade IFeLeague 1 jadi event sepakbola virtual terbesar di Indonesia.

Sementara itu Ibnu Riza selaku Dewa Pembina PB Esports Indonesia (PBESI) pun sangat mendukung Oxtrade IFeleague 1. Dia berharap IFel terus berinovasi dan membuat kompetisi-kompetisi lainnya yang berkualitas.

"Bibit atlet Esports di Indonesia banyak sekali, karena ini olahraga virtual, tentu masih ada kesempatan kita untuk bersaing di kancah dunia, semoga kedepannya IFeL dan PSSI terus berkolaborasi, kami sangat mendukung," jelas Ibnu Riza.

Baca Juga:

Garena Siap Gelar Sejumlah Turnamen Esports di Indonesia

Kemudian, Wasekjen PSSI, Maaike Ira Puspita menambahkan, bahwa dengan ditunjuknya IFel sebagai operator resmi, diharapkan bisa memanjukan olahraga Esports, khususnya sepak bola di Indonesia.

"Kami mendukung acara IFeL, karena dari PSSI ingin menciptakan ekosistem yang baik, dan kita butuh 'kantung-kantung' pemain, dan generasi pemain yang baik, terpenting harus ada kolaborasi untuk kemajuan sepakbola virtual Indonesia," ungkapnya.

Para pemain yang akan tampil di Oxtrade IFeLeague 1 (Foto: Merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Pada Oxtrade IFeLeague 1, para pro player yang mewakili klub-klub di Liga satu, akan bertanding game Pro Evolution Soccer atau yang sekarang bernama eFootball, dengan klub-klub di Liga 1 yang sudah dibuat unofficial oleh tim IFeL namun unoffical dari pihak IFeL. Sementara untuk official kerjasamanya dengan konami Putra Sutopo mengatakan tengah dalam proses administrasi yang sudah mencapai 60%.

Agar fair play, untuk skill pemain di game tersebut kabarnya menggunakan sistem sama rata kekuatan setiap tim. Namun, untuk postur tubuh seperti tinggi dan berat badan, disesuaikan dengan pemain aslinya.

Sejumlah tim yang akan bertanding di Oxtrade IFeLeague 1 antara lain yakni PSIS Semarang (Muhammad Abdul Aziz), Persita Tangerang (Elul Wibowo), Barito Putra (Rommy Hadiwijaya), Persik Kediri (Eky Ramadhan), Madura United (Adyatma Priyadi), Borneo FC (Elga Cahya Putra), Bhayangkara FC (Puspamba Ibrahim), Bali United (Rizal Danyarta), Persela Lamongan (Sakti Sulistyo), Persiraja Banda Aceh (Akbar Paudie), Arema FC (Ferry Gumilang), dan PSS Sleman (Rizky Faidan). (Ryn)

Baca Juga:

Fahmi Husaeni dari Dewa United Raih Runner-up ePiala Indonesia 2021

#Esports #Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan