Musik

Overdrive Guitar Pedal, Warisan Aria Baron

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 13 Oktober 2021
Overdrive Guitar Pedal, Warisan Aria Baron
Keluarga luncurkan overdrive pedal gitar edisi Aria Baron dan museum mini. (Foto: instagram@ariabaron)

SUDAH 100 hari kepergian musisi sekaligus gitaris bertalenta Indonesia, Aria Baron Suprayogi. Dalam rangka mengenang hal tersebut, sejumlah keluarga dan kerabat dekat berinisiasi meluncurkan Overdrive Guitar Pedal Baron Legacy dengan mengadakan konferensi pers secara virtual pada Selasa (12/10) berlokasi di Hariharimusik, Jakarta.

“Walaupun ‘gitar’ saya sudah pulang. Namun alunan nada-nadanya tetap ada di hati kita semua,” kata istri dari mendiang Aria Baron, Zeby Febrina dalam memberi sambutan dalam konferensi pers virtual tersebut.

Baca Juga:

Kontemplasi Pribadi IQIF Tertuang di Debut Album ‘#1’

baron
Mewujudkan keinginan Baron pada pedal gitarnya. (Foto: [email protected])


Ide awal ini dimulai dari perasaan haru sang istri melihat banyaknya partisipan yang hadir pada doa hari ke-7 kepergian Aria Baron. Febri menyatakan bahwa mereka menangis karena tidak bisa melihat Baron kembali.

Menjelang hari-hari terakhirnya, pria yang akrab disapa Abah ini sering terlihat menghabiskan waktunya dan merencanakan untuk membuat overdrive guitar pedal rakitannya sendiri. Namun ternyata Tuhan berkehendak lain dan menunda rencana tersebut.

Demi mewujudkan rencana tersebut, Febri pun coba menghubungi Arifin Zhang yang merupakan kerabat dekat sekaligus pemilik dari Studio Hariharimusik tempat Baron berkreasi dan menghabiskan banyak waktu.

Senada dengan Febri yang meninginkan hal tersebut kembali berjalan, Arifin juga mengaku telah mengerjakan sebuah overdrive guitar pedal yang sudah berbentuk prototipe bersama Abah.

“Ketika bekerja dengan beliau, saya semakin dekat dan melihat langsung bagaimana Baron sangat cerdas dalam mengenal nada,” ujar Arifin.

Baca Juga:

Pesan Kuat Sarat Makna Tertuang dalam Video Musik Terbaru Voice of Baceprot

baron
Pedal gitar yang hanya diproduksi sebanyak 25 unit. (Foto: [email protected])

Akhirnya ‘Overdrive Guitar Pedal Baron Legacy’ resmi diluncurkan dalam jumlah terbatas, sebanyak 25 unit. Overdrive tersebut dilengkapi dengan N.O.S (New Old Stok) MC 4558 IC dari Motorola.

Selain peluncuran ‘Overdrive Guitar Pedal Baron Legacy’, acara ini juga meresmikan pojok untuk mengenang sang gitaris handal yang dinamakan Baron’s Corner, pojok khusus yag berada di Hariharimusik dan menjadi museum mini yang berisi memorabilia koleksi Aria Baron.

Dalam lemari kaca tersebut, terlihat tiga gitar kesayangan Baron, signature pedalboard Baron, kaus favoritnya, sepatu bermotif corak gitar Van Halen dan kostum panggung yang biasa dipakai Baron, hingga pistol mainan yang acapkali menjadi alat hiburan dari Baron.

Baron’s Corner diharapkan menjadi sarana bekumpulnya orang-orang yang memiliki satu pemikiran dengan Baron. Sekaligus menjadi wahana untuk merawat warisan Baron, dalam konteks bermusik, serta melestarikan semangat dan pemikiran yang pernah dihasilkan oleh Aria Baron semasa hidupnya. (far)

Baca Juga:

Curhatan Rafi Sudirman Lewat Lagu ‘Collide’

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan