Oumuamua, Asteroid Pengembara Gambar rekaaan seniman asteroid Oumuamua. (Foto: The Sun)

OUMUAMUA dalam bahasa Hawaii adalah pesan merupakan nama yang diberikan pada asteroid yang berbentuk cerutu.

Astronomer yang mengoperasikan teleskop Near-Earth Objects (NEOs) mengamatinya sejak tanggal 19 Oktober 2017. Teori para astronomer mengatakan bahwa asteroid ini sudah mengembara dari satu gugusan bintang ke gugusan bintang lainnya ratusan juta tahun lamanya.

Asteroid berwarna gelap ini diperkirakan memiliki panjang 400 meter menurut para pakar berasal dari luar Milky Way (Bima Sakti) atau Tata Surya.

Kecepatannya diperkirakan mencapai 95 ribu km/jam, berasal dari sistem bintang Vega yang berjarak sekitar 25 tahun cahaya.

Oumuamua pertama kali tertangkap oleh Pan STARRS1 observatori yang berada di Haleakala, Maui, Hawii. Meskipun diyakini berasal dari bintang Vega, namun beberapa pendapat ahli mengatakan bisa jadi asalnya dari luar perbintangan Vega. Asteroid ini merupakan jenis pengembara yang tidak terikat oleh gugusan bintang manapun.

Kandungan asteroid ini bisa jadi dari bentukan konsentrasi berbagai logam. Kemungkinan tidak mengandung es atau air. Warnanya yang gelap akibat dari paparan sinar kosmik selama jutaan tahun. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH