OTT Gubernur Kepri, KPK Giring 6 Orang ke Jakarta Jubir KPK Febri Diansyah. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah membawa Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun dan lima orang lainnya ke Jakarta, pasca operasi tangkap tangan (OTT) Rabu (10/7) kemarin.

"Tim KPK telah membawa sekitar 6 orang yang diamankan di OTT kemarin. Mereka dalam perjalanan ke Jakarta lewat jalur udara," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (11/7).

Febri Diansyah. (MP/Ponco Sulaksono)
Febri Diansyah. (MP/Ponco Sulaksono)

Politikus Partai NasDem dan lima orang yang diciduk dalam operasi senyap itu telah diterbangkan menggunakan pesawat dari Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang.

BACA JUGA: KPK Sita 6.000 Dolar Singapura Terkait OTT Gubernur Kepri

"Diperkirakan siang ini sampai di kantor KPK. Dan akan dilalukan pemeriksaan intensif," ujar Febri.

Nurdin dan lima orang lainnya sempat diperiksa di Polres Kepri. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diamankan tersebut.

"Hasil dari kegiatan ini akan disampaikan pada publik melalui konferensi Pers sore ini," pungkas Febri.

Sebelumnya diberitakan, selain Nurdin KPK juga menangkap lima orang lainnya yang terdiri dari Kepala Dinas di bidang kelautan, Kepala Bidang, dua staf dinas dan pihak swasta.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun. Foto: Facebook Nurdin Basirun
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun. Foto: Facebook Nurdin Basirun

BACA JUGA: KPK Amankan 6 Orang Terkait OTT Gubernur Kepri

Dalam OTT ini, KPK turut menyita uang tunai yang berjumlah Sin$ 6.000. Uang tersebut diduga barang bukti transaksi suap yang melibatkan Nurdin. Suap ini terkait dengan izin lokasi rencana reklamasi di Kepri. (Pon)

Kredit : ponco


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH