OTT di Wilayah Jawa Timur, KPK Amankan 5 Orang dan Uang Rp2 Miliar Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (Foto: MP/John Abimanyu)

MerahPutih.Com - Baru saja Bupati Purbalingga terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK), kini giliran pejabat dari Blitar dan Tulungagung, Jawa Timur. Dalam operasi senyap lembaga antirasuah itu, lima orang ditangkap bersama uang miliaran rupiah.

"Memang ada kegiatan tim penindakan di Jawa Timur. Terakhir tadi sekitar 5 orang diamankan, 5 orang ini unsurnya dari kepala dinas. Kemudian dari pihak swasta dan juga ada pihak terkait yang ada di lokasi yang perlu kita mintakan keterangan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (6/6) malam.

Febri enggan menjelaskan secara rinci mengenai asal daerah kepada dinas yang ditangkap. Dia hanya memastikan sejauh ini belum ada kepala daerah dari dua wilayah di Jawa Timur itu yang diamankan KPK.

"Sejauh ini belum ada kepala daerah yang diamankan. Jadi hanya dari dinas PU dan swasta," ujar Febri.

Ilustrasi uang hasil ott
Ilustrasi. (Pixabay)

Selain mengamankan lima orang, dalam operasi senyap ini, tim penindakan KPK juga menyita uang sebesar Rp 2 miliar. Uang yang terdiri dari pecahan Rp50 dan Rp100 ribu tersebut di bungkus dalam dua kardus.

"Kita juga mengamankan uang di lokasi, uangnya dimasukkan atau masuk di dalam 2 kardus, pecahan Rp 100 ribu dan pecahan Rp 50 ribu. Masih dalam proses perhitungan secara pasti ya, tapi tadi estimasinya sekitar lebih dari 2 miliar rupiah yang diamankan," jelas Febri.

Belum diketahui pasti OTT di Blitar dan Tulungagung tersebut terkait kasus apa. Kelima orang yang diamankan itu tengah menjalani pemeriksaan intensif. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum mereka.

"Jadi sekarang 5 orang tersebut sedang dimintakan keterangan digali informasinya terkait dengan peristiwa yang terjadi malam ini," pungkas Febri.(Pon)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: KPK Tetapkan Bupati Purbalingga Tersangka Suap

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH