Otak Kamu Lemot? Pahami Sumbernya Waspadai otak kamu lemot. (Foto: Pixabay/TheDigitalArtist)

OTAK selalu bekerja selama pemiliknya masih terjaga. Baru beristirahat bila tertidur. Namun kadangkala otak bekerja lambat tak mampu menganalisa sesuatu yang ada di depan seseorang. Misalnya tengah mengerjakan tugas kantor atau kampus, tiba-tiba blank tak mampu berbuat apapun.

Kamu harus waspada! Sepertinya otak kamu sudah mulai lemot deh. Sampai-sampai kamu tidak bisa fokus kayak gitu. Bahaya juga kan kalau kejadian ini menimpa sama diri kamu? Menurut beberapa sumber ada beberapa penyebabnya.

Konsumsi gula berlebihan

otak
Jangan mengkonsumsi gula berlebihan. (Foto: Pixabay/saramukitza)


Mengkonsumsi gula berlebihan dapat menurunkan kinerja otak kamu lo! Ini disebabkan oleh terganggunya penyerapan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh serta otak kamu. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh otak jadi tidak mencukupi. Tidak jarang, otak menjadi kurang rileks apabila kamu terlalu banyak mengkonsumsi gula.

Kurang tidur

tidur
Tidurlah dengan cukup. (Foto: Pixabay/stocksnap)


Setelah seharian beraktivitas, tubuh kamu membutuhkan banyak istirahat yang cukup. Tidak kecuali dengan otak yang juga membutuhkan istirahat. Kurangnya istirahat seperti tidur, dapat membuat suplai oksigen ke otak menjadi terganggu sehingga otak kesulitan dalam berkonsentrasi. Tidak jarang, efek seperti mabuk dan pusing akan kamu alami ketika tidak tidur semalaman suntuk.


Otak malas

otak
Bijaklah memakai gawai. (Foto: Pixabay/FirmBee0)

Terlalu bergantung dengan gawai bisa menimbulkan kelemahan daya pikir otak lo! Otak akan terbiasa untuk bermalas-malasan. Mulai sekarang biasakan untuk mengingat-ingat jadwal kamu sehari-hari tanpa bantuan gawai ya.


Jarang melatih otak

otak
Jangan biarkan otak tak pernah dipakai. (Foto: Pixabay/hans)

Otak yang tidak pernah dipakai dapat mengalami penurunan kinerja lo! Kenyataanya otak yang keseringan santai jadi sulit untuk berpikir lebih keras. Maunya santai terus. Jadi, tidak bisa bekerja keras. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa lho untuk iseng-iseng mengisi teka-teki silang atau mungkin kamu bisa bermain game sejenis puzzle. Ini akan membuat otak kamu menjadi terbiasa untuk bekerja. (gsl)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH