OSIRIS-Rex Siap Kumpulkan Data Ateroid Tahun 2016

Fadhli Fadhli - Senin, 26 Oktober 2015
OSIRIS-Rex Siap Kumpulkan Data Ateroid Tahun 2016
Wahana antariksa peneliti asteroid, OSIRIS-Rex . (Foto: NASA)

MerahPutih Sains - Baru beberapa waktu lalu OSIRIS-Rex mendapat instrumen ilmiah pertamanya, kini tim pegembangnya mengatakan bahwa OSIRIS-Rex siap kumpulkan data asteroid pada tahun 2016.

Sebelumnya, OSIRIS-Rex menerima beberapa instrumen ilmiah seperti spektrometer emisi termal bernama Bennu. Spektoeter ini mampu mengidentifikasi suhu sebuah asteroid setiap dua detik.

Lockheed Martin selaku perusahaan pegembang OSIRIS-Rex kini sedengang membangun sebuah pesawat ruang angkasa untuk OSIRIS-Rex. NASA dikabarkan akan mengirinya ke luar angkasa pada tahun 2016.

OSIRIS-Rex akan mengumplkan sampel dari asteroid dekat Bumi. Sebelum menjalankan misi, OSIRIS-Rex akan menjalani berbagai uji coba ketat selama lima bulan kedepan.

Uji coba itu termasuk simulasi temperatur ekstrim, getaran, interfensi gelombang elektromagnetik, dan uji vakum untuk mensimulasikan perjalanan ke ruang angkasa.

Jika OSIRIS-Rex sudah lulus uji coba, maka akan dikirim ke NASA pada bulan Mei mendatang untuk mempersiapkan peluncurannya pada September 2016.

NASA berharap data dan sampel yang dikumpulkan OSIRIS-Rex dapat memberikan para peneliti petunjuk mengeani awal kehidupan di Bumi.

Dengan data dari OSIRIS-Rex para astronom dapat mempelajari pergerakan asteroid, sehingga mereka dapat menangani asteroid yang bisa menghantam Bumi.

 

BACA JUGA:

  1. Spesies Baru Kura-Kura Raksasa Ditemukan
  2. Pencarian Mikroba di Samudra Atlantik
  3. Karberos, Satelit Kecil Pluto Akhirnya Terlihat
  4. Astronom Luncurkan Peta Astronomi Terbesar
  5. Komet Lovejoy Muntahkan Alkohol
#Asteroid #OSIRIS-Rex
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan