Oscar Tabarez, El Proceso Sang Maestro di Balik Kesuksesan Uruguay Oscar Tabarez. Foto: FIFA

MerahPutih.com - Berbicara soal Piala Dunia tidak bisa dilepaskan dari Uruguay. Di negara Amerika Latin ini, turnamen sepakbola terbesar di dunia dimulai pada 1930. Negara ini pula yang menyandang gelar kampiun pertama Piala Dunia.

Sempat kembali menjadi juara pada Piala Dunia 1950 dan beberapa kali menjadi yang terbaik di Benua Amerika, pamor Uruguay kemudian melorot. Mereka bahkan tiga kali gagal tampil dalam empat gelaran Piala Dunia antara 1990 hingga 2006.

Usai petaka di 2006, Asosiasi Sepak Bola Uruguay (AUF) akhirnya kembali meminta pelatih yang pernah menjadi arsitek timnas dari 1988 hingga 1990, Oscar Washington Tabarez Silva, pelatih terakhir yang sukses membawa Uruguay tampil di Piala Dunia, yaitu pada 1990. Kala itu, Tabarez berhasil membawa Uruguay lolos hingga 16 besar sebelum dihentikan tuan tumah Italia.

Sekembalinya menjadi pelatih, Tabarez langsung melakukan perombakan. Pelatih kelahiran Montevideo itu pun merancang cara bermain yang benar "the proper way" atau kemudian dikenal dengan sebutan El Proceso. Panduan tersebut langsung diterapkan bagi tim berbagai lapis usia, dimulai dari U-15. Tabarez memperkenalkan pola 4-3-3 sebagai pakem permainan tim berjuluk La Celeste ini.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH