Oscar 2020 akan Kembali Digelar Tanpa Pembawa Acara Penghargaan Piala Oscar 2020 akan kembali digelar tanpa pembawa acara (Foto: screenrant)

KEMBALI terjadi seperti di 2019, salah satu ajang penghargaan paling bergengsi di dunia untuk industri film, Academy Awards atau piala Oscar, akan digelar tanpa pembawa acara di 2020. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh kepala ABC Entertainment Karey Burke dalam sesi tanya jawab dengan Television Critics Association, mengatakan bahwa Oscar 2020 akan digelar tanpa host atau pembawa acara.

"Kami berharap bahwa kami akan memiliki serangkaian nominasi yang sangat komersial dan banyak elemen luar biasa yang membuat kami berpikir untuk menjalan pertunjukan yang sangat menghibur lagi," kata Burke saat ditanya mengapa keputusan tersebut diambil.

Baca juga:

Berlagak Hollywood, Apa Saja Syarat Film Bisa Masuk Penghargaan Oscar?

2019 menjadi ajang Oscar pertama yang digelar tanpa pembawa acara sejak hal serupa pernah terjadi pada Oscar 1989. Awalnya Kevin Hart dipercaya untuk menjadi host pada Oscar 2019. Namun beberapa hari menjelang ajang tersebut bergulir, komedian AS tersebut mengundurkan diri pasca kasus unggahan twitter yang 'menyerang' LGBTQ.

Oscar 2020 akan Kembali Digelar Tanpa Pembawa Acara
Piala Oscar (Foto: goldderby)

Di sisi lain, proses voting untuk Academy Awards 2020 di tutup pada Selasa (7/1) waktu setempat dengan nominasi untuk setiap kategori. Kabarnya nama-nama yang bakal masuk nominasi Oscar 2020 bakal diumumkan pada 13 Januari.

Baca juga:

8 Momen Tak Terlupakan dalam Sejarah Penghargaan Oscar

Penghargaan piala Oscar 2019, hanya menarik kurang dari 30 juta pemirsa TV, melihat adanya kenaikan rating dari ajang yang sama pada 2018. Namun, angka tersebut justru menjadikan Academy Awards 2019 sebagai yang terkecil kedua sejak ajang tersebut mulai berlangsung tahunan pada 1929 silam.

Bagian dari alasan pemirsa TV kembali ke Oscar tahun lalu adalah tidak diragukan lagi untuk melihat apakah Oscar 2019 akan berjalan dengan lancar, mengingat semua kontroversi yang mengelilingi seputar mundurnya Kevin Hart sebagai pembawa acara.

Sebelumnya, laman hiburan Variety melaporkan pada Desember 2019 bahwa pihak ABC dan Academy Awards tengah dalam perdebatan, apakah ajang Oscar 2020 berlangsung dengan pembawa acara ataupun tidak. Sampai akhirnya di awal 2020, ABC mulai menayangkan iklan promosi untuk siaran langsung ajang Oscar tahun ini yang diadakan tanpa pembawa acara. (ADP)

Baca juga:

Daftar Lengkap Pemenang Golden Globe Awards 2020, Quentin Tarantino Menang Banyak

Kredit : anandadimas


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH