Ormas Islam Desak Pemerintah Bubarkan HTI

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 07 Juli 2017
Ormas Islam Desak Pemerintah Bubarkan HTI
Sejumlah ormas Islam yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI). (MP/Fadhli)

Sejumlah ormas Islam yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) mendesak pemerintah untuk segera membubarkan ormas radikal yang intoleran dan anti-Pancasila.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengungkapkan kekhawatiran berkembangnya ormas anti-Pancasila di tanah air bukan isapan jempol belaka.

Belakangan, katanya, kekhawatiran itu muncul seiring maraknya sikap intoleran. Untuk itu, sejumlah pimpinan ormas berkumpul untuk menyatukan pendapat dan pemikiran terkait hal itu.

"Menuntut pemerintah segera menerbitkan Peraturan Presiden Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk membubarkan ormas anti-Pancasila, seperti HTI dan lain-lainnya," kata Said Aqil saat konferensi pers di gedung PBNU, Jakarta Pusat, Jumat (7/7).

Kiai Said menegaskan, pemerintah tidak boleh membiarkan ormas semacam HTI berkembang karena akan mengancam keutuhan NKRI.

"Sejak dini harus dibubarkan tidak boleh dibiarkan berkembang, nanti masyarakat akan mengira bahwa ormas ini legal dan diakui," ucapnya.

Dijelaskannya, secara fisik HTI memang tidak melakukan kekerasan. Namun, paham khilafah yang diyakininya akan merongrong landasan berbangsa kita yaitu Pancasila dan sudah jelas ini menjadi ancaman bagi keutuhan NKRI.

"Tidak bisa ditawar lagi. Ini hal yang prinsipil dan tidak ada yang bisa didiskusikan," tandasnya.

Adapun 14 Ormas Islam yang mendukung pembubaran HTI adalah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Al-Irsyad Al-Islamiyyah, Al Washliyah, Persatuan Umat Islam (PUI), Persatuan Islam (PERSIS), Persatuan Tarbiyah lslamiyah (PERTI), Mathla'ul Anwar, Yayasan Az Zikra, Al-Ittihadiyah, Ikatan Dai Indonesia (IKADI), Rabithah Alawiyah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Nahdlatul Wathan (NW), Dan Himpunan Bina Mualaf Indonesia (HBMI). (Fad)

Baca berita terkait pembubaran HTI lainnya di: FPI Dan GP Anshor Kapuas Hulu Dukung Pemerintah Bubarkan HTI

#Ormas Islam #Lembaga Persahabatan Ormas Islam #Said Aqil Siradj #HTI
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan