Ormas Dilarang Sweeping Saat Puasa, Kapolresta Solo: Nekat Ditindak Tegas

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 04 April 2022
Ormas Dilarang Sweeping Saat Puasa, Kapolresta Solo: Nekat Ditindak Tegas
Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Polresta Surakarta, Jawa Tengah tegas melarang aksi sweeping selama Ramadan dan Lebaran. Ormas atau kelompok yang nekat melakukan sweeping akan ditindak tegas.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pihaknya bakal menindak tegas jika ada oknum atau kelompok yang nekat melakukan aksi sweeping selama pelaksanaan ibadah puasa.

Baca Juga:

MUI Ajak Umat Islam Jadikan Perbedaan Awal Puasa sebagai Rahmat

Pihaknya, kata ia, tidak akan segan memberikan sanksi berat pada pelaku jika menemukan aktivitas tersebut di Solo.

"Kami tegas melarang aksi sweeping baik perorangan maupun kelompok masyarakat selama pelaksanaan ibadah puasa di Kota Solo," kata Ade, Minggu (3/4).

Mantan Kapolres Karanganyar ini menegaskan, akan menjamin pelaksanaan ibadah puasa Ramadan. Pihaknya pun tak mau kekhusyukan pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadan ini tercoreng dengan adanya aktivitas yang mencederai keberagaman di kota bengawan.

"Keberagaman di Solo menjadi kearifan lokal yang mesti dijaga. Kami harus menjaganya dengan baik," katanya.

Baca Juga:

Kuliner Nusantara Sajian Favorit Berbuka Puasa

Ia mengatakan, pihaknya mengharamkan segala aktivitas sweeping dari kelompok manapun juga yang mengganggu kekhidmatan pada bulan Ramadan ini. Masyarakat yang mengetahui adanya tindakan sweeping untuk segera melaporkannya ke polisi.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming memastikan, pelaksanaan bulan puasa di Solo akan berjalan aman dan lancar. Pemkot Solo pun tak menerapkan aturan khusus pada keberadaan warung-warung makan selama pelaksanaan ibadah puasa ini.

"Tidak ada penutupan warung makan selama Ramadan yang jualan pagi hari. Kita nggak pengen mempersulit ekonomi warga. Kita seperti normal saja," kata Gibran. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Pemerintah Harus Jamin Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Puasa dan Lebaran

#Puasa #Lebaran #Ramadan
Bagikan
Bagikan