Orient Patriot Riwu Kore Akhirnya Ungkap Status Kewarganegaraanya

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 05 Februari 2021
Orient Patriot Riwu Kore Akhirnya Ungkap Status Kewarganegaraanya
Bupati Sabu Raijua terpilih Orient P. Riwu Kore saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kupang, Jumat (5/2). ANTARA/Kornelis Kaha

Merahputih.com - Bupati Sabu Raijua terpilih Orient Patriot Riwu Kore angkat suara soal adanya tuduhan dia adalah WN Amerika Serikat.

"Saya berkewarganegaraan Indonesia," ujar Orient di Polda NTT, Kupang, Jumat (5/2).

Baca Juga

Warga AS Terpilih Jadi Bupati, Bawaslu Sabu Raijua: Dia Lakukan Pembohongan Publik

Terkait dengan kasus kewarganegaraannya itu, sudah ada yang mengurus. Bahkan saat ini sedang dalam proses. "Saya bukan warga negara lain atau bukan berkewarganegaraan ganda," katanya.

Orient P Riwu Kore mengaku maju di Pilkada Kabupaten Sabu Raijua karena amanat orang tua.

Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Lotharia Latif meminta semua pihak menahan diri terkait dengan masalah Bupati Sabu Raijua terpilih. Latif mengatakan situasi kondusif di Sabu Raijuga merupakan hal utama.

Orient Riwu Kore. (MP/Kanugraha)

Latif menuturkan pertemuan dengan Ketua KPU NTT Thomas, Ketua KPU Sabu Raijua Kaerasani, dan Orient adalah inisiatifnya. Hal itu tak lepas dari Operasi Mantap Praja yang digelar kepolisian dalam rangka pengamanan proses pilkada.

Ia mengaku masih punya kewajiban untuk melakukan pengamanan, kemudian pengawasan terhadap calon-calon bupati, termasuk Orient.

"Sampai saat ini beliau masih tercatat sebagai calon bupati di Sabu Raijua," sambung mantan Kakorpolairud Baharkam Polri ini.

Baca Juga

Mendagri Ingatkan KPU dan Bawaslu Tidak Mendiskualifikasi Pemenang Pilkada

Sebelumnya diberitakan Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua menerima konfirmasi dari Kedutaan Besar (Kedubes) AS bahwa Orient Riwu Kore masih berstatus warga negara Amerika Serikat (AS).

Yugi mengatakan bahwa pihaknya sudah mengirimkan surat ke Imigrasi di Kupang dan pusat untuk mencari tahu soal dugaan Calon Bupati Sabu Raijua terpilih masih berkewarganegaraan AS. (Knu)

#Pilkada Serentak
Bagikan
Bagikan